Menpar Datang, Warga Lembang Demo Kerusakan Hutan di Cikole

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 19:44 WIB
Menpar Datang, Warga Lembang Demo Kerusakan Hutan di Cikole
Menpar Datang, Warga Lembang Demo Kerusakan Hutan di Cikole
A A A
BANDUNG BARAT - Perwakilan warga Lembang yang tergabung dalam Forum Peduli Bandung Utara (Forbat) berunjuk rasa di pintu gerbang objek wisata Orchid Florest di Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (24/8/2018).

Aksi ini mereka lakukan di sela-sela kunjungan Menteri Pariwisata Arief Yahya ke Orchid Florest untuk penandatangan prasasti antara pihak pengelola objek wisata tersebut dengan pihak Kementerian Pariwisata dapam program Wonderful Indonesia.

"Kami ingin pemerintah dari Kementeriaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pariwisata bertanggung jawab atas kerusakan hutan di Lembang akibat maraknya pembukaan tempat wisata," tegas Ketua Forbat, Suherman kepada wartawan, Jumat (24/8/2018).

Dalam aksinya, massa berdemonstrasi di gerbang masuk Orchid Forest dengan membentangkan spanduk bertuliskan tuntutan agar pemerintah melindungi kawasan hutan yang kini dikelola oleh Perum Perhutani. Ada juga tulisan yang meminta pemerintah menegakkan Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pengendalian Pemanfaatan Ruang KBU, dan spanduk tuntutan lainnya.

Suherman menyebutkan, pihaknya tidak melarang dan berniat menganggu semua jenis kegiatan di kawasan Perhutani khususnya di kawasan lindung. Tapi kawasan itu tetap harus dijaga sesuai fungsinya.

“Tapi faktanya banyak terjadi kerusakan lingkungan hutan khususnya di kawasan Cikole. Seperti banyaknya pohon tumbang yang disebabkan oleh penyadapan getah pinus melebihi batas dan juga berkurangnya resapan air,” katanya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)