UMY Batalkan Status Diterima Calon Mahasiswa Pengguna Joki

Selasa, 07 Agustus 2018 - 17:17 WIB
UMY Batalkan Status...
UMY Batalkan Status Diterima Calon Mahasiswa Pengguna Joki
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menindak tegas bagi calon mahasiswa yang terbukti mengunakan joki saat seleksi masuk di kampus tersebut. Bagi yang diterima akan dianulir atau digugurkan. Bagi yang tidak diterima akan dimasukkan daftar hitam (black list).

Selain itu joki yang ketahuan juga akan diserahkan kepada pihak berwajib. Langkah ini dilakukan setelah panitia menangkap joki saat seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Fakultas Kedokteran UMY, Jumat (3/8/2018) pekan lalu. (Baca Juga: UMY Tangkap Joki saat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Rektor UMY Gunaman Budiyanto mengatakan pemberian sanksi ini bukan tanpa alasan. Tindakan tersebut dinilai merugikan banyak pihak. Bagi UMY, kasus ini akan mengganggu program pendidikan dan bagi calon mahasiswa akan kehilangan kesempatan, terutama anak pintar tapi terhalang biaya pendidikan.

"Kalau pengguna joki ini lulus dan memenuhi kuota mahasiswa, skema beasiswa jadi tidak bisa kami laksanakan," katanya, Selasa (7/8/2108).

Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) UMY Siti Dyah Handayani menambahkan untuk mengantisipasi adanya potensi kecurangan sebenarnya sudah melakukan pengaman berlapis. Di antaranya dengan menggunakan finger print saat proses penerimaan mahasiswa baru.

"Mulai pendaftaran, tes hingga nanti menjadi mahasiswa untuk semua kegiatan di kampus seperti absen kelas, pembayaran KRS dan lainnya mereka harus mengunakan finger print yang sama seperti saat pendaftaran," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3336 seconds (0.1#10.140)