UMY Tangkap Joki saat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 19:35 WIB
UMY Tangkap Joki saat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Fakultas Kedokteran
UMY Tangkap Joki saat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Fakultas Kedokteran
A A A
YOGYAKARTA - Panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menangkap peserta yang diduga Joki, saat ujian masuk gelombang ke empat tahap dua Fakultas Kedokteran UMY, Jumat (3/8/2018). Ini kali kedua adanya praktik perjokian saat seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) perguruan tinggi di Yogyakarta. Sebelumnya di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta juga terbongkar praktik perjokian dengan mengunakan peralatan komunikasi, Senin 30 Juli 2018.

Kepala Biro Admisi UMY, Siti Dyah Handayani mengatakan, terbongkarnya perjokian ini berawal kecurigaan panitia terhadap peserta ujian yang identitasnya berbeda.

Sebab peserta ujian dengan identitas ALW pernah ikut tes di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Namun ketika dicermati foto di UMS dengan yang di UMY fotonya berbeda kita cek memang orangnya berbeda.

"Atas temuan ini panitia selanjutnya melakukan introgasi dan diketahui peseta ujian itu atas nama orang lain," kata Dyah, Jumat (3/8/2018).

Menurut Dyah tertangkapnya Joki ini bukan untuk yang pertama sebab saat seleksi masuk FK gelombang empat tahap pertama beberapa waktu lalu juga menangkap joki. Dari hasil introgasi joki yang tertangkap merupakan sindikat Joki yang sama dengan yang tertangkap sebelumnya. Joki tersebut mematok harga hingga Rp400 juta.

"Dari introgasi tersebut, diketahui telah meloloskan tes masuk Fakultas Kedokteran UMY pada gelombang tahun ini dan mendapat uang Rp20 juta," ungkapnya.

Dyah menambahkan sebagai tindaklanjut dari perkara ini, pihaknya melaporkan ke Polsek Kasihan, Bantul.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4821 seconds (0.1#10.140)