alexametrics

UMY PTS Terbaik DIY Versi 4ICU Uni-Rank

loading...
UMY PTS Terbaik DIY Versi 4ICU Uni-Rank
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). FOTO : IST
A+ A-
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menduduki peringkat pertama perguruan tinggi swasta (PTS) di DIY versi 4 International Colleges & Universities (4ICU) tahun 2020.

Sedangkan secara nasional UMY menduduki peringat ke 15 dan di DIY diurutan ketiga di bawah UGM pertama dan UNY.

PTS lain di DIY yang masuk 50 besar nasional di bawah UMY, yakni Universitas Islam Indonesia (UII) peringkat 28, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) peringkat 38 dan Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) peringat 50.

4ICU Uni-Rank merupakan pemeringkatan yang bertujuan untuk memberikan peringkat global universitas berdasarkan pada popularitas website atau laman resmi universitas dalam hal traffic, kepercayaan, dan juga popularitas tautan yang berkualitas.



Ada 571 institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang diberikan peringkat oleh 4ICU Uni-Rank. Seluruh institusi tersebut sebelumnya harus memenuhi beberapa kriteria yaitu harus terakreditasi oleh pemerintah (Kemenristekdikiti), harus menyelenggarakan tiga tingkatan pendidikan yaitu sarjana, magister, dan doktoral, serta memiliki proses pembelajaran yang bervariasi.

Mengenai capaian ini, Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan pemeringkatan yang dilakukan oleh 4ICU Uni-Rank merupakan wujud dari era revolusi industri 4.0 di mana hampir semua hal dapat dilakukan secara online dengan jaringan internet.



“Secara keseluruhan, kriteria popularitas website dari sebuah perguruan tinggi bisa menjadi indikator untuk melihat seberapa besar proses yang dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut dengan mengoptimalkan penggunaan atau akses internet,” kata Gunawan, Selasa (9/6/2020)

Gunawan menjelaskan selain kebutuhan informasi mengenai perguruan tinggi dan akademik seperti jurnal, capaian prestasi ini juga tidak terlepas dari masifnya penggunaan online learning yang meningkat sebanyak 460% di UMY selama adanya kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh saat pandemi COVID-19.

“Itulah faktor pelengkap keberhasilan UMY masuk kedalam era revolusi industri 4.0. Sehingga pemeringkatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi perguruan tinggi untuk semakin meningkatkan kualitasnya agar tetap menjaga kepercayaan masyarakat dan juga para akademisi,” terangnya.(Baca juga : UMY Bagikan 1600 Paket Sembako Bagi Mahasiswa Terdampak Corona)
(nun)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak