Pagi Ini Gunung Agung Kembali Erupsi

Selasa, 03 Juli 2018 - 06:41 WIB
Pagi Ini Gunung Agung Kembali Erupsi
Pagi Ini Gunung Agung Kembali Erupsi
A A A
KARANGASEM - Gunung Agung terus aktif, tadi pagi pukul 04.13 Wita meletus dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak 5.142 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 21 mm dan durasi 7 menit.

Berdasarkan laporan Anwar Sidiq petugas, KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung menyatakan, dari pengamatan pukul 00.00 Wita hingga 06.00 Wita secara visual ada asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 2000 meter di atas puncak kawah.

Teramati letusan dengan tinggi 2000 meter dan warna asap putih dan kelabu, dan teramati sinar api di atas puncak kawah. Secara kegempaan terjadi Gempa Letusan terjadi 1 kali, Hembusan 10 kali, dan low frekuensi terjadi 3 kali.

"Status Gunung Agung saat ini masih berada dilevel III,"terangnya, Selasa (3/7/2018).

Dia menyatakan, rekomendasi untuk masyarakat di sekitar Gununung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2143 seconds (0.1#10.140)