Warga Berswadaya Buat TPS Bernuansa Lebaran

Rabu, 27 Juni 2018 - 14:11 WIB
Warga Berswadaya Buat TPS Bernuansa Lebaran
Warga Berswadaya Buat TPS Bernuansa Lebaran
A A A
MALANG - Di tengah serba keterbatasan anggaran, ternyata tidak menyurutkan niat warga untuk mendirikan TPS cantik. Salah satunya di TPS 11 Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Meski hanya mendapatkan anggaran Rp800 ribu dari KPU Kota Malang. Tetapi, warga di TPS 11 ini, mampu mendirikan TPS cantik bernuansa lebaran. "Kami sengaja mengusung tema lebaran, karena masih berdekatan dengan lebaran," ujar Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 11 Kelurahan Gadingkasri, Pethrik Boy, Rabu (27/6/2018).

Setiap ada kegiatan Pilkada, maupun Pemilu, menurut Pethrik warga selalu bergotong royong menghadirkan TPS cantik. Semua kekuarangan anggarannya ditanggung bersama-sama oleh warga.

Selain itu, untuk menghemat pembiayaan, mereka juga memanfaatkan barang-barang bekas untuk mendandani TPS. Selain TPS yang cantik, warga juga menyediakan makanan dan minuman utuk setiap pemilih yang datang ke TPS.

Adanya TPS cantik, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk hadir ke TPS menyalurkan hak suaranya. "Jumlah pemilihnya, sesuai DPT ada sebanyak 299 pemilih. Sampai pukul 11.00 WIB, sudah lebih dari 50% yang hadir menyalurkan hak suaranya," ungkapnya.

Tingkat partisipasi warga di TPS 11 selalu tinggi, meskipun rata-rata warganya memiliki tingkat kesibukan yang juga tinggi. "Kami bisa saling berkumpul, dan bersilaturahmi dengan seluruh warga di sini ketika ada pemilihan seperti ini. Kami sangat senang bisa berkumpul di TPS," ujar Rosa, 37, warga Kelurahan Gadingkasri.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8979 seconds (0.1#10.140)