Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Resmi Beroperasi Besok

Selasa, 05 Juni 2018 - 22:39 WIB
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Resmi Beroperasi Besok
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Resmi Beroperasi Besok
A A A
SEMARANG - Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang resmi mulai beroperasi Rabu 6 Juni 2018 pagi. Malam ini, seluruh maskapai dan perlengkapan bandara dari terminal lama akan boyongan ke lokasi baru untuk mempersiapkan penerbangan perdana.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono datang langsung ke lokasi untuk meninjau kesiapan jelang beroperasinya terminal baru. Dalam tinjauannya kedua menteri didampingi Direktur Angkasa Pura I Faik Fahmi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, dan Sekertaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono.

"Secara umum saya merasa puas dengan hasil karya yang baik. Apalagi semua ini adalah hasil karya anak bangsa. Jika dilihat arsiteknya, jenis makanan yang disediakan semua mengandung unsur kearifan lokal," tuturnya, Selasa (5/6/2018).

Menurut dia, megahnya bangunan terminal baru harus diimbangi dengan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dia juga meminta Budi meminta Angkasa Pura I mempersiapkan dengan baik, karena Presiden Joko Widodo akan meresmikan terminal baru bandara Ahmad Yani dan tower milik Airnav, pada Kamis 7 Juni.

"Yang tak kalah penting dan harus diperhatikan adalah ruhnya bandara ini berupa service (pelayanan). Dengan bandara yang bagus kalau service-nya kurang maka tidak maksimal. Kalau dulu saya bisa katakan bandara lama tidak layak. Bandara baru ini ibarat gula baru ditaruh di sini mereka akan datang," lugasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, menuturkan nilai investasi pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani menghabiskan anggaran sebesar Rp990 miliar. Sedangkan secara keseluruhan pembangunan terminal bandara baru ini menghabiskan biaya Rp2,2 triliun.

"Hari ini Bandara Ahmad Yani akan melakukan boyongan. Seluruh maskapai penerbangan akan beroperasional di terminal baru. Besok mulai pukul 06.00 WIB seluruh penerbangan sudah ada di sini," tuturnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7991 seconds (0.1#10.140)