Berkerumun, Ganjar Teriaki Penumpang Bandara A Yani Semarang

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:14 WIB
loading...
Berkerumun, Ganjar Teriaki Penumpang Bandara A Yani Semarang
Gubernur Ganjar Pranowo saat sidak di Bandara A Yani Semarang, Selasa (2/6/2020). FOTO : IST
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah , Ganjar Pranowo mendadak mengunjungi Bandara Ahmad Yani Semarang, Selasa (2/6/2020). Kunjungan yang tidak dijadwalkan itu, membuat para petugas yang ada di bandara terkejut dan kelabakan.

Saat Ganjar tiba di bandara, puluhan calon penumpang terlihat memadai terminal keberangkatan. Mereka berdesakan untuk antre pengecekan berkas dan persyaratan lainnya. Beberapa diantara calon penumpang mengabaikan protokol kesehatan karena duduk berdekatan tanpa jarak.

"Ayo duduk ya jangan berdekatan, semuanya jaga jarak. Ayo semua ditaati, mas-mas bisa jaga jarak tidak," teriak Ganjar melihat kerumunan.(Baca juga : Tenaga Kesehatan Corona Diancam, Polisi Periksa 4 Saksi )

Beberapa penumpang yang duduk lesehan di bandara karena keterbatasan kursi langsung berdiri. Sambil belum sadar bahwa yang datang adalah Ganjar, mereka terlihat belum mau bergeser untuk jaga jarak.

"Petugas keamanan mana, pak polisi dan pak tentara sini, itu tolong diatur sekarang. Kalau yang tidak mau jaga jarak dan tetap berkerumun, disuruh pulang saja. Sekarang saya minta tegas, jangan biarkan persiapan protokol kesehatan yang lama kita susun di bandara ini, tidak bisa dijalankan dengan baik," tegas Ganjar kepada petugas keamanan bandara, polisi dan tentara yang berjaga.

Ganjar juga melihat tempat duduk yang disiapkan petugas di lokasi itu masih kurang. Hal itu membuat calon penumpang duduk di lantai dengan berkerumun. Padahal, mereka membutuhkan waktu minimal dua jam untuk antre proses pengecekan tersebut sebelum terbang.

"Tolong tambah kursinya, ambil saja dari tempat tunggu yang ada di dalam. Atau kalau tidak, itu lantainya digaris-garis supaya penumpang tertib," perintah Ganjar dan langsung dilaksanakan petugas dengan menggotong kursi.

Tak hanya melihat terminal keberangkatan, Ganjar juga sidak ke ruang tunggu pesawat dan tempat-tempat lain di bandara. Ia sebenarnya ingin sidak ke dalam pesawat untuk melihat standar protokol kesehatan saat penerbangan, tapi sayang tidak ada pesawat yang siap untuk berangkat pagi itu."Sore nanti pak, baru ada penerbangan. Sekarang belum ada persiapan," kata salah satu petugas.

Ganjar meminta petugas bandara untuk ketat menerapkan protokol kesehatan. Semua tidak boleh meremehkan kondisi yang ada.

"Pokoknya Ahmad Yani harus beres. Penumpangnya diatur biar tidak berjubel. Saya sengaja ke sini karena dapat kiriman video dari salah satu calon penumpang yang memperlihatkan kerumunan itu. Saya lihat ini bahaya ini, makanya langsung saya sidak hari ini," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2917 seconds (0.1#10.140)