Setelah Meletus, Tercatat Merapi Erupsi Dua Kali

Sabtu, 02 Juni 2018 - 03:34 WIB
Setelah Meletus, Tercatat...
Setelah Meletus, Tercatat Merapi Erupsi Dua Kali
A A A
SLEMAN - Erupsi susulan Gunung Merapi terjadi sebanyak dua kali, pasca letusan, pada Jumat (1/6/2018) pukul 08.30 WIB. Data mencatat Merapi meletus lagi pada pukul 20.24 WIB dengan durasi 1,5 menit tinggi kolom 2500 meter mengarah ke timur laut, dan pukul 21.00 WIB dengan durasi 56 detik, tinggi kolom 1.000 meter. Untuk status Merapi masih level II (waspada).

Warga Purwobinangun, Pakem Purnomo, 41 mengatakan warga yang ada di lereng Merapi sudah mengetahui adanya erupsi susulan tersebut. Hanya saja apakah ada pergerakan ke bawah atau tidak terutama warga yang ada di kawasan rawan bencana (KRB) wilayah Pakem, seperti Turgo dan Tritis yang berjarak 4 km dari puncak Merapi belum mendapatkan informasi.

"Biasanya warga di daerah tersebut jika terjadi erupsi menuju titik kumpul di SD Sanjaya Tritis. Tapi saat ini belum mendapat informasi," kata Purnomo.

Menurut Purnomo, saat terjadi erupsi Merapi, Jumat (1/6/2018) pagi warga Turgo dan Tritis langsung menuju ke titik kumpul di SD Sanjaya Tritis. Namun setelah situasi kondusif, mereka kembali lagi ke rumah masing-masing.

Informasi dari Pusdalop BPBD DIY, adanya erupsi susulan dua kali Merapi tersebut, warga yang ada di sektor timur (Glagaharajo) mulai bergerak ke balai desa , sedangkan di sektor barat (Turgo) adayang pergi ke titik kumpul SD Sanjaya Tritis.Meski begitu situasi masih aman terkendali.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Sleman Makwab mengatakan meski terjadi erupsi susulan Merapi, namun tetap meminta warga tenang dan tidak panik serta mengikuti arahan petugas, bagi yang terdampak erupsi dan ingin menuju ke titik kumpul. Termasuk mengikuti dan
memantau perkembangan dari BPPTKG.

"Jika ada perkembangan informasi akan segera kami informasikan," katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)