Merapi Erupsi, Penambangan Pasir Kali Bebeng Magelang Masih Buka

Kamis, 24 Mei 2018 - 13:57 WIB
Merapi Erupsi, Penambangan Pasir Kali Bebeng Magelang Masih Buka
Merapi Erupsi, Penambangan Pasir Kali Bebeng Magelang Masih Buka
A A A
MAGELANG - Meski Gunung Merapi berstatus Waspada dan erupsi yang terjadi sudah memasuki fase magmatis, aktivitas penambangan pasir di aliran Kali Bebeng, Srumbung, Kabupaten Magelang hingga Kamis (24/5/2018) siang masih buka. Padahal, Kali Bebeng merupakan aliran lahar dingin dari kawasan puncak Gunung Merapi.

Informasi yang dihimpun wartawan menyebutkan, puluhan truk masih terlihat hilir mudik di sejumlah lokasi penambangan pasir yang berada di aliran Kali Bebeng yang berjarak sekitar 5 kilometer dari puncak gunung teraktif di dunia itu. Bahkan, di salah satu lokasi terlihat antrean truk yang hendak muat pasir.

"Sampai sekarang lokasi (penambangan pasir) di sini (Kali Bebeng) masih buka. Dan hingga saat ini, saya juga belum mendapat kabar Kali Bebeng akan ditutup sementara," kata salah seorang sopir truk yang hendak memuat pasir di Kali Bebeng, Puji (35).

Warga Semarang ini menuturkan, di Kali Bebeng ada sejumlah lokasi penambangan pasir. Hingga saat ini, juga masih beroperasional. "Bahkan lokasi penambangan beberapa waktu lalu longsor, juga masih buka," ujarnya.

Agus (40) pengemudi truk lain mengatakan, sejauh ini belum ada pengumuman mengenai penutupan penambangan pasir di Kali Bebeng sehingga para sopir truk masih membeli pasir di lokasi tersebut. "Sebelum lokasinya ditutup, ya saya masih ngambil (membeli) pasir di sini (Kali Bebeng), soalnya lokasi lain sudah ditutup sementara," katanya.

Disinggung mengenai bahaya Gunung Merapi jika sewaktu-waktu terjadi erupsi yang lebih besar, dia menuturkan lokasi Kali Bebeng berjarak sekitar 5 kilometer dari puncak dan relatif aman. "Daerah yang harus bebas aktivitas masyarakat kan radius 3 kilometer dari puncak. Jadi saya tidak khawatir mengambil pasir di sini," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6953 seconds (0.1#10.140)