Ida Fauziyah: Keterwakilan Perempuan di Legislatif Masih Minim

Senin, 09 April 2018 - 21:30 WIB
Ida Fauziyah: Keterwakilan Perempuan di Legislatif Masih Minim
Ida Fauziyah: Keterwakilan Perempuan di Legislatif Masih Minim
A A A
SEMARANG - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ida Fauziyah menilai porsi perempuan sebagai wakil rakyat di lembaga legisltaif masih terbilang sedikit. Bahkan wakil perempaun di DPR baru mencapai 18% dan di DPRD Jawa Tengah jumlah wakil rakyat perempuan hanya 27 orang dari 100 anggota DPRD.

"Meski jumlah perempuan di Indonesia tak kalah banyak dengan laki-laki, namun wakil rakyat dari kaum Hawa di legislatif bisa dihitung dengan jari. Demikian pula dengan jumlah perempuan yang menjadi gubernur atau wakil gubernur juga sangat sedikit. Karena itu, kehadiran sosok perempuan baik di kursi legislatif mau pun eksekutif sudah mendesak," katanya saat bersilaturahmi dengan pengurus dan anggota Pimpinan Cabang Muslimat dan Fatayat NU Kabupaten Semarang di Tuntang, Senin (9/4/2018).

Menurut dia, sosok perempuan memiliki perasaan kepemimpinan yang tidak bisa dirasakan atau dilakukan oleh laki-laki. "Yang tahu bagaimana merasakan beratnya harga barang naik, pentingnya MCK itu perempuan. Ada yang bilang wanita cukup berpartisipasi dalam pengambilan kebijakan saja, tapi siapa yang menjamin setiap pemimpin laki-laki tahu perasaan perempuan," ucapnya.

Di sisi lain, Ida yang berasal dari kalangan Nahdliyin juga menyampaikan peran ulama dalam perkembangan demokrasi di negeri ini. "NU melalui Gus Dur memberi ruang untuk perempuan. Gus Dur adalah satu-satu presiden yang membuka jalan bagi perempuan untuk bisa berpartisipasi di ruang publik melalui Inpres Nomor 9 Tahun 2000. Itu harus kita syukuri," ucap Cawagub nomor urut 2 yang berpasangan dengan Sudirman Said ini.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5303 seconds (0.1#10.140)