Pilgub Jateng 2024, PDIP Tetap Berkoalisi Meski Bisa Usung Cagub Sendiri

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:25 WIB
loading...
Pilgub Jateng 2024, PDIP Tetap Berkoalisi Meski Bisa Usung Cagub Sendiri
Bendahara PDIP Jateng Agustina Wilujeng menyatakan PDIP akan menggandeng partai koalisi dalam Pilgub Jateng 20204, di Panti Marhaen Semarang, Sabtu (18/5/2024). Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan akan menggandeng partai koalisi pada kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng yang bakal dilaksanakan November 2024 mendatang.

Partai berlambang banteng dengan moncong putih ini tak akan berjalan sendirian, walaupun secara jumlah kursi yang diperoleh sudah di atas syarat minimal 20 persen atau 24 kursi.



“Bisa (mengusung sendiri), tapi kalau gubernur ini menurut saya harus bareng-bareng, tidak bisa sendiri. Perintahnya di dalam SK (surat keputusan) memang demikian, harus bareng-bareng kita tidak bisa sendiri,” ungkap Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng sesaat usai kegiatan pelepasan pelari membawa api abadi Mrapen untuk Rakernas ke-5 PDIP di Kantor PDIP Jateng, Kota Semarang, Sabtu (18/5/2024).



Salah satunya untuk mencari koalisi sekaligus calon, lanjut dia, maka dibukalah pendaftaran untuk para calon di PDIP tingkat kabupaten/kota untuk selanjutnya berkomunikasi dengan tingkat provinsi sebelum naik ke pusat.

“Itu maksudnya untuk menjaring semua lapisan masyarakat,” lanjutnya.

Agustina mengatakan tidak menutup diri hanya internal maupun eksternal dari parpol. Namun juga dari kalangan profesional mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendaftarkan diri sebagai Cagub maupun Cawagub Jateng periode 2024-2029.



Dia menjelaskan bahwa meskipun sudah ada calon potensial yang diusung seperti Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul hingga Hendrar Prihadi, namun sampai hari ini PDIP belum menentukan siapa yang mendapatkan rekomendasi untuk maju.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2859 seconds (0.1#10.140)
pixels