Momen Langka Proses Kawin Badak Jawa di TNUK Terekam Kamera

Selasa, 27 Februari 2018 - 12:50 WIB
Momen Langka Proses Kawin Badak Jawa di TNUK Terekam Kamera
Momen Langka Proses Kawin Badak Jawa di TNUK Terekam Kamera
A A A
PANDEGLANG - Momen langka dimana proses kawin badak jawa betina dan jantan di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) terekam kamera trap yang dipasang petugas di Semenanjung Ujung Kulon.

Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat mengatakan, proses kawin badak bernama Pajero dan Palasari terekam kamera video pada bulan Mei 2017 sekitar pukul 16.00 WIB secara alami. Mulai dari pendekatan hingga perkawinan.

"Rekaman perkawinan antar individu badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon menjadi yang pertama kali terekam di Indonesia," kata Mamat kepada wartawan, Senin (26/2/2018).

Mamat menjelaskan, masa kawin hewan langka itu hanya akan terjadi selama 5 tahun sekali. Bilamana masa subur badak jantan selama dua hari itu terlewatkan makan akan menunggu lima tahun kemudian. "Masa birahi badak betina ini sangatlah sebentar. Bila mana prosesnya perkawinan itu sukses maka 18 bulan badak betina akan mengandung," kata

Menurutnya, persoalain lain yang membuat populasi Badak Jawa sulit berkembang adalah banyak badak jantan dibandingkan dengan betina. Berdasarkan data, jumlah badak jawa di TNUK hasil monitoring tahun 2017 terdapat 67 ekor, dengan komposisi jenis kelamin jantan 37 ekor, 30 ekor betina.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3624 seconds (0.1#10.140)