Sisihkan 407 Kecamatan, Marancar Terbaik Se-Sumut

Senin, 12 Februari 2018 - 10:45 WIB
Sisihkan 407 Kecamatan, Marancar Terbaik Se-Sumut
Sisihkan 407 Kecamatan, Marancar Terbaik Se-Sumut
A A A
TAPANULI SELATAN - Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terpilih sebagai kecamatan terbaik dalam ajang pemilihan kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2017, kategori kabupaten.

Marancar menyisihkan 407 kecamatan kategori kabupaten se-Sumut. Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, program pemberian penghargaan kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, kategori kabupaten sudah berlangsung lama. Namun, pada periode 2017, sistem penilaian dibagi menjadi dua kategori, yaitu, kategori kabupaten dan kota.

“Dimulai 2017, untuk tingkat kategori kabupaten dan kota memiliki juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2 dan 3,” kata Erry.

Tentunya, penilaian tersebut untuk memotivasi para camat agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga, kehadiran pemerintahan ditingkat kecamatan lebih dirasakan oleh warga. Undang-Undang (UU) Nomor 23/2014, tentang Pemerintah Daerah, mengamanatkan bahwa otonomi daerah berada di tingkat kabupaten dan kota. Artinya, negara memberikan kesempatan bagi pemerintah daerah untuk menyelenggarakan otonomi.

”Konsekwensi UU tersebut perubahan dalam system pemeritah daerah, karena sesungguhnya daerah yang mengetahaui aspirasi dari masyarakat,”ujarnya.

Kecamatan sebagai salah satu perangkat daerah kabupaten/kota adalah sebagai pelaksana tekhnis kewilayahan yang mempunyai kekhususan dibandingkan perangkat daerah kabupaten/kota lainnya. “Saya berharap kepada seluruh camat yang terpilih menjadi yang terbaik agar tidak berpuas diri. Sebaliknya, bagi camat yang belum mendapat prestasi agar terus berupaya untuk menjadi yang terbaik,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengapresiasi Gubernur Sumut yang datang menghadiri penyerahan hadiah kecamatan terbaik tingkat Sumut tersebut. ”Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur yang datang ke daerah ini untuk memberikan penghargaan,”ujarnya.

Untuk tahun 2017, juara 1 kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut, kategori kabupaten diraih Kecamatan Marancar. Selanjutnya, juara 2 Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasa dan juara 3 Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai.

Selanjutnya, juara harapan 1 Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhan Batu Utara. Juara harapan 2 Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan dan juara hapan 3 Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu; Ketua Wali Amanat USU, Panusunan Pasaribu; Wakil Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang, Naswardi Sialoho; Kapolres Tapsel AKPB M Iqbal; Dandim 0212/TS Letkol Inf Azhari; Anggota DPRD Sumut, Doli Sunumba Siregar.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)