Pemprov Sumut Kirim Drone Petakan Dampak Kerusakan Gempa Taput

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 13:07 WIB
loading...
Pemprov Sumut Kirim Drone Petakan Dampak Kerusakan Gempa Taput
Kerusakan gempa bumi di Taput. Foto: Wahyudi/SINDOnews
A A A
MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, mengirimkan tim personel kaji cepat untuk pemetaan dampak bencana gempa bumi, di Kabupaten Tapanuli Utara. Tim ini dilengkapi pesawat nirawak (drone) untuk mempermudah pemetaan.

Kepala BPBD Sumut, Haris Lubis mengatakan, tim yang dikirimkan akan melakukan kajian cepat untuk mendata dampak kerusakan mulai dari rumah, fasilitas umum, hingga fasilitas sosial. Sehingga, nantinya bisa dilakukan penanganan seperti pendirian dapur umum, tenda pengungsi, dan kebutuhan dasar lain untuk masyarakat.

“Sesuai dengan instruksi Bapak Gubernur Sumatera, Utara Edy Rahmayadi untuk merespons cepat kejadian bencana dini hari tadi, kita sudah kirim tim personel kaji cepat ke lokasi terdampak bencana. Kaji cepat ini harus segera dilakukan, evaluasi dan pendataan,” kata Haris Lubis, Sabtu (1/10/2022).



Tim yang dikirimkan ini, kata Haris dikirim bersama bantuan logistik untuk para korban. Di antaranya bahan kebutuhan pokok, tenda pengungsian, selimut, matras pengungsi, dan makanan untuk kebutuhan keluarga.

"Bantuan logistik tersebut diharapkan dapat sampai ke masyarakat pada hari ini. Sehingga dapat segera didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak bencana yang membutuhkan bantuan," pungkasnya.

Diketahui, gempa magnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), pada pukul 02.28 dini hari tadi. Gempa susulan juga sudah terjadi sebanyak 67 kali hingga pukul 10 pagi tadi.



Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput, gempa tersebut mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.

Dilaporkan juga jalan rusak dan ambles, pohon tumbang dan longsor. Pasar Sarulla, Pahae Jae, Taput, juga dilaporkan terbakar usai terjadi gempa tersebut.

Satu orang warga juga dilaporkan meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di darat 15 Km barat laut Taput dengan kedalaman 10 Km. Sedangkan puluhan lainnya mengalami luka-luka.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)