Bedah Desa, Solusi Pemkab Klungkung Atasi Permasalahan Desa

Jum'at, 02 Februari 2018 - 22:16 WIB
Bedah Desa, Solusi Pemkab Klungkung Atasi Permasalahan Desa
Bedah Desa, Solusi Pemkab Klungkung Atasi Permasalahan Desa
A A A
KLUNGKUNG - Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta memiliki cara sendiri untuk melihat langsung keadaan warganya. Melalui program bedah desa, I Nyoman Suwirta turun lapangan dan mengunjungi desa-desa untuk memotret wajah desa dari dekat.

Program ini untuk mencari data secara pasti terkait permasalahan maupun potensi desa. Program yang telah berjalan dari 15 Januari 2016 telah berhasil melakukan bedah desa sebanyak 38 desa dari 58 desa dan 6 Kelurahan di Kabupaten Klungkung.

“Saat mengunjungi desa-desa kami melakukan pendataan mulai dari masalah sosial, pendidikan, ekonomi, kesehatan dan permasalahan lainnya. Selain itu, kami juga ingin menggali segala potensi di desa baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) nya,” papar Suwirta dalam siaran persnya, Jum'at (2/2/2018).

Dengan adanya bedah desa ini pihaknya dapat mengetahui data secara pasti tentang data sosial, pendidikan, ekonomi dan kesehatan termasuk infrastruktur desa. “Selama ini data yang ada masih kurang stabil. Melalui bedah desa ini, diharapkan semua data di desa dapat terekam secara langsung dan jelas,” ungkap Suwirta.

Sebagai solusi dari beberapa permasalahan sosial seperti kemiskinan dan kesehatan yang ditemui di lapangan, dengan program bedah desa ini permasalahan tersebut dapat dilakukan penanganan langsung dalam skala kecil.

“Dengan Bedah Desa kami bisa memberikan penanganan secara langsung dalam skala kecil, seperti pemberian bantuan sembako bagi warga kurang mampu dan pelayanan kesehatan atau homecare dari dinas terkait,” jelasnya.

Bedah desa ini mendapat sambutan baik dari Kepala Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan Klungkung, Komang Dana Ariyasa “Saya sangat berterima kasih dengan adanya program bedah desa Pemkab Klungkung. Kunjungan Pak Bupati yang melihat langsung kondisi desa dan bertemu langsung masyarakat menjadi solusi permasalahan di desa,” kata Ariyasa.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5304 seconds (0.1#10.140)