Polda Kalbar Bentuk Satgas Pilkada Damai

Rabu, 17 Januari 2018 - 22:13 WIB
Polda Kalbar Bentuk Satgas Pilkada Damai
Polda Kalbar Bentuk Satgas Pilkada Damai
A A A
PONTIANAK - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pilkada Damai 2018, di Aula Graha Khatulistiwa Mapolda Kalbar, Jalan Ahmad Yani, No.1 Kota Pontianak, Rabu (17/1/2018). Kegiatan ini dibuka Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono. Satgas Pilkada Damai ini melibatkan berbagai pihak dari Parpol dan stackholder di Kalbar dan dihadiri oleh Pj Gubernur Kalbar Doddy Riadmadji, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi, Danlantamal XII/Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Danlanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mengatakan, pembentukan Satgas Pilkada Damai yang melibatkan berbagai pihak ini adalah untuk membangun semangat kebersamaan dalam Pilkada yang aman, damai, lancar dan sukses.

"Satgas ini juga guna mengantisipasi gejolak yang dikhawatirkan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, ini adalah Satgas yang kaitannya dengan cooling atau pendingin ‘Cooling center’," kataIrjen Pol Didi Haryono.

Namun begitu, walaupun Kalbar tidak sebagaimana yang dikhawatirkan, akan tetapi antisipasi perlu ditingkatkan. Caranya adalah, melakukan sosilisasi kepada semua lapisan masyarakat. "Karena saya pun orang Kalbar, jadi saya tahu bagaimana warga Kalbar ini cinta damai, namun antisipasi itu sangat perlu dilakukan,” timpal jenderal bintang dua ini.

Pilkada serentak ini, kata dia, sangat memerlukan jaminan stabilitas keamanan, dalam melanjutkan pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan bersama. Sehingga peranan TNI/Polri dan semua elemen masyarakat sangat penting.

Pengamanan Pilkada serentak di Kalbar, lebih mengedepankan kegiatan preventif. Berbagai segala macam praktik kecurangan pada proses Pilkada harus ditangkal semua pihak. Tujuanya jelas, agar proses dan tahapan Pilkada serentak di Kalbar dapat berjalan damai, aman dan lancar.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono menegaskan, pembentukan Satgas bertujuan agar terciptanya Kalbar yang Aman, damai, lancar dan sukses dalam rangka mendukung pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada 2018.

“Kita menyadari betapa pentingnya menjaga satu situasi Kamtibmas yang berfungsi bagi kelancaran pembangunan dan ketentraman, menjelang tahun politik kedepan. Mari bersama-sama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat menjaga keamanan dan jadikan Pesta demokrasi ini sebagai sarana untuk membangun bangsa dan negara kesatuan republik indonesia ini,” kata Irjen Pol Didi Haryono.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji mengungkapkan, pembentukan Satgas sebagai bentuk kepedulian Pemerintah bersama stackholder akan Pilkada Kalbar dapat berjalan damai.

“Kita harap Satgas ini dapat mencegah hal-hal negatif dalam Pilkada di Kalbar. Mudah-mudahan Satgas yang terbentuk ini menjadi langkah awal kita dalam mengawal Pilkada Damai di Kalbar,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7397 seconds (0.1#10.140)