Truk Gagal Menanjak, Muatan Bata Tumpah di Tanjakan

Senin, 15 Januari 2018 - 14:49 WIB
Truk Gagal Menanjak,...
Truk Gagal Menanjak, Muatan Bata Tumpah di Tanjakan
A A A
SEMARANG - Truk bermuatan material bangunan tumpah ke jalan menuju Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). Truk beserta muatan yang melintang di tengah tanjakan, mengakibatkan banyak kendaraan macet hingga terjadi penumpukan panjang.

Polisi beserta warga harus bekerja keras memindahkan material bata ringan yang memenuhi badan jalan agar arus lalu lintas kembali lancar. Sebab, kecelakaan tunggal di tengah tanjakan itu mengakibatkan banyak kendaraan mogok, karena mendadak berhenti pada posisi menanjak.

Kecelakaan lalu lintas itu bermula saat truk bernopol K 1967 CF yang dikemudikan Sutikno warga Rembang, melaju dari Lumajang Jawa Timur menuju arah Kampus Unnes Semarang.

Saat tiba di pertigaan Sumur Jurang, truk tak mampu menanjak. Selain over tonase hingga 30 ton, muatan material bata ringan juga terlalu tinggi hingga tumpah di jalanan.

"Dugaannya sopir terlambat over gigi, sehingga truk sempat turun dan muatan berjatuhan di jalan. Di sini memang lokasi tanjakannya cukup tinggi, banyak kendaraan yang tak kuat menanjak apalagi bila bawa muatan berat," kata anggota Satlantas Polsek Gunungpati, Aiptu Dwikora, Senin (15/1/2018).

Dalam waktu singkat arus lalu lintas tiga arah yakni menuju Kampus Unnes, Gunungpati, dan Ungaran mengular panjang. Polisi yang tiba di lokasi melakukan buka-tutup jalan, untuk mengurangi kepadatan kendaraan. Selain itu, sebagian kendaraan juga dialihkan ke jalan-jalan kampung.

Agar truk bisa berjalan kembali, polisi meminta sebagian muatan diturunkan. Tanjakan di pertigaan Sumur Jurang cukup ekstrem sehingga perlu kewaspadaan ketika mengemudi. Bagi yang tidak mengenal medan tersebut, diimbau menggunakan jalur lain apalagi bila membawa muatan berat.

"Tadi dari Lumajang mau anter muatan ini ke toko bangunan dekat Unnes, enggak tahu kenapa tiba-tiba enggak bisa menanjak. Akibatnya ya ada muatan sebagian tumpah di jalan," ujar sopir truk, Sutikno.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)