Kandidat Pilgub Jateng Bakal Jalani Tes Kesehatan Selama 2 Hari

Jum'at, 12 Januari 2018 - 06:01 WIB
Kandidat Pilgub Jateng...
Kandidat Pilgub Jateng Bakal Jalani Tes Kesehatan Selama 2 Hari
A A A
SEMARANG - Dua pasangan calon yang akan berlaga di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi Semarang. Pemeriksaan ditekankan pada tiga aspek yakni kesehatan jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Setelah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, dua pasangan calon yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan Sudirman Said-Ida Fauziyah, akan mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan berlangsung dua hari Jumat dan Sabtu 12-13 Januari, di Gedung Paviliun Garuda dan Instalasi Diklat.

Pada hari pertama, diagendakan pemeriksaan psikologi dan narkotika oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng, di Instalasi Diklat. Sementara hari kedua berupa pemeriksaan kesehatan jasmani, yang melibatkan 21 dokter spesialis.

"Awalnya kita siapkan 20 orang, oleh karena jumlah peserta cukup banyak sehingga kita tambahkan lagi satu threatment, kita tambah lagi satu dokter spesialis jantung sehingga jumlahnya 21 orang (dokter)," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUP dr Kariadi, dr Baskoro, Sp Rad (K), usai penjelasan teknis pemeriksaan kandidat pilkada, Kamis 11 Januari 2018 malam. (Baca Juga: Pilkada Jateng Jadi Tantangan Berat PDIP
Pemeriksaan kesehatan tidak hanya pada kandidat pilgub, tapi juga para calon yang akan berlaga di pilkada tujuh kabupaten/kota, sehingga berjumlah 30 orang. Jika waktu pemeriksaan kesehatan para kandidat pilkada tingkat provinsi maupun kabupaten/kota tidak cukup, maka akan diperpanjang menjadi tiga hari.

"Pemeriksaan kesehatan ada tiga yakni kemampuan jasmaani dan rohani, kemudian bebas narkotika. Itu (pemeriksaan dilakukan oleh tim yang pertama dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan Badan Narkotika Nasional Jateng," kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo. (Baca Juga: Berebut Suara Nahdliyin di Pilgub Jateng(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5416 seconds (0.1#10.140)