Dikepung Polisi, Pelaku Perdagangan Orang Lompat ke Laut

Sabtu, 06 Januari 2018 - 22:34 WIB
Dikepung Polisi, Pelaku Perdagangan Orang Lompat ke Laut
Dikepung Polisi, Pelaku Perdagangan Orang Lompat ke Laut
A A A
KUPANG - Satu lagi pelaku tindak pidana perdagangan orang yang sudah masuk target, Ellyasa Andi Killa alias Andi Killa, ditangkap petugas Polres Timor Tengah Selatan (TTS). Saat hendak ditangkap di Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pelaku sempat berusaha kabur dan lari ke laut.

Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP Totok Mulyanto melalui Kanit Tipidiksus Polres Ipda Jemy Soleman mengatakan, posisi terakhir pelaku berada di atas kapal sehingga tim langsung melakukan pengepungan. Penangkapan yang dilakukan Tim TPPO Polres TTS dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres TTS Yohanes Suhardi.

"Saat kami beri tembak peringatan, dia mau lari masuk ke laut bagian selatan dari kapal. Di sana juga sudah ada anggota, sehingga langsung menangkapnya," tutur Jemy Soleman, Sabtu (6/1/2018).

Jemy menjelaskan, tersangka Andi Killa terlibat dalam kasus trafficking sejak 2013. Dia mengirim korban (Alm) Yuliana Kana, warga Desa Oof, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten TTS. Kemudian pada 2015 korban dikirim pulang dari Malaysia dalam Keadaan sudah tidak bernyawa.

Polisi menduga jaringan Andi Killa sudah mengirim lebih dari 1.000 tenaga kerja dari berbagai daerah di NTT secara illegal, namun lolos dari jeratan hukum. Tempat persembunyian Andi Killa sering berpindah-pindah, seperti Rote, Larantuka, bahkan di Timor Leste, sehingga sulit ditangkap.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6142 seconds (0.1#10.140)