Bangun Sumur Dalam, PDAM Salatiga Alokasikan Dana Rp2 Miliar

Jum'at, 15 Desember 2017 - 16:26 WIB
Bangun Sumur Dalam, PDAM Salatiga Alokasikan Dana Rp2 Miliar
Bangun Sumur Dalam, PDAM Salatiga Alokasikan Dana Rp2 Miliar
A A A
SALATIGA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Salatiga, Jawa Tengah mengalokasikan anggaran Rp2 miliar untuk membangun tiga sumur dalam pada 2018 nanti. Pembangunan sumur tersebut untuk menunjang penambahan cakupan pelayanan masyarakat.

Kabag Umum dan Keuangan PDAM Kota Salatiga Legimin menjelaskan, pada 2018 manajemen PDAM mematok target penambahan cakupan pelayanan sebanyak 1.000 pelanggan. Agar pelayanan bisa optimal, maka harus dilakukan penambahan sumber air baku.

"Maka dari itu, kami akan membangun tiga sumur dalam untuk menambah sumber air baku. Pembangunan sumur dalam kami tempuh karena di Salatiga tidak ada sumber air baku yang memadai yang bisa diolah untuk meningkatkan cakupan pelayanan," katanya, Jumat (15/12/2017).

Ketiga sumur dalam tersebut, masing-masing akan dibangun di daerah Bendosari, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo; Warak, Kelurahan Dukuh, Sidomukti dan Karangduwet, Kutowinangun, Tingkir. Berdasarkan hasil penelitian, tiap sumur yang akan dibangun debit airnya rata-rata mencapai 5 liter/detik.

"Dengan debit 5 liter/detik, masing-masing sumur bisa melayani sebanyak lebih dari 300 pelanggan," terangnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota Salatiga menyatakan, pihaknya akan berupaya optimal untuk mencapai target penambahan cakupan pelayanan sebanyak 1.000 pelanggan pada 2018. Sejauh ini, PDAM Salatiga sudah memiliki 14 unit sumur dalam untuk mendukung distribusi air di Salatiga. Adapun sumber air alami yang sudah digunakan antara lain Senjoyo, Kalitaman, Kali Getek, Kalisombo dan Kali Gojek.

Dia menyatakan, Salatiga secara geografis merupakan dataran tinggi, sehingga dibutuhkan kajian secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan ketersediaan air bersih bagi warga. Itu salah satu upaya PDAM untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan cakupan dan layanan guna memenuhi harapan pelanggan serta masyarakat yang hingga saat ini belum bisa terlayani air bersih PDAM," tandasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6478 seconds (0.1#10.140)