Pemkab Tabanan Bangun Minimarket Gratis untuk Pengungsi Gunung Agung

Minggu, 03 Desember 2017 - 11:10 WIB
Pemkab Tabanan Bangun Minimarket Gratis untuk Pengungsi Gunung Agung
Pemkab Tabanan Bangun Minimarket Gratis untuk Pengungsi Gunung Agung
A A A
TABANAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali, menyelenggarakan program sosial pembentukan Samsam Mart untuk pengungsi Gunung Agung. Program ini merupakan rangkaian hari ulang tahun (HUT) Tabanan ke-524 yang jatuh pada Rabu lalu (29/11/2017).

Samsam Mart berlokasi di Desa Samsam, sebuah posko bantuan berkonsep toko swalayan. Di Samsat Mart ini, para pengungsi Gunung Agung bisa berbelanja layaknya di minimarket dengan gratis.

“Saya di sini mewakili masyarakat Tabanan, mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang sudah berdonasi untuk pengungsi Karang Asem. Kami membentuk 10 posko bencana dan salah satunya adalah posko desa Samsam, yang diberi nama Samsam Mart,” kata Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Bupati Eka mengatakan, pihaknya punya tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang menerima sekaligus mendistibusikan donasi ke para pengungsi. Selain Samsam Mart, para pengungsi pun diberi keistimewaan lainnya, seperti bersekolah dan pelatihan wirausaha.

“Kami beri pelatihan wirausaha kepada orang dewasa, seperti pelatihan mengelola ikan, membuat dupa dan kerajinan tangan lainnya. Pelatihan ini bertujuan agar para pengungsi tetap produktif, sehingga produk hasil pelatihan tersebut nantinya bisa mereka jual,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), I Nyoman Gede Gunawan menyatakan, setiap harinya mereka bisa menerima 150 donatur. Penggalangan dana sudah dilakukan sejak Gunung Agung masih berstatus Siaga, artinya penggalangan sudah dilakukan sejak tanggal 22 Oktober.

“Jadi kami mempunyai 2 kategori poskos. Posko milik Dinsos bernama posko utama, sementara posko di masing-masing kecamatan disebut posko induk. Kami punya 10 kecamatan, jadi ada 10 posko induk yang siap menampung para pengungsi,” katanya.

Sementara posko utama berfungsi untuk menyalurkan donasi kepada warga yang masih bertahan di Karangasem. Setiap harinya ada sekitar 100 donatur yang datang ke posko utama. “Kami kumpulkan berdasarkan kategori seperti makanan, pakaian, alat mandi dan sebagainya, kemudian baru kita salurkan,” jelas Gunawan.

Melalui peringatan HUT Tabanan, Bupati Eka menggugah semua pihak agar selalu peduli dengan sesama. “Dalam kondisi apapun, berbagi kasih harus dilakukan. Begitu juga dalam suasana suka cita seperti dalam peringatan HUT Tabanan kali ini. Selayaknya kita sebagai umat manusia harus ingat untuk berbagi,” pungkas Eka.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.7090 seconds (0.1#10.140)