Bank Sampah Segera Tersedia di Tapsel

Kamis, 09 November 2017 - 23:57 WIB
Bank Sampah Segera Tersedia di Tapsel
Bank Sampah Segera Tersedia di Tapsel
A A A
TAPANULI SELATAN - Bagi masyarakat Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Kelurahan Bin 7, Kecamatan Batang Angkola, tidak perlu bingung lagi untuk membuang sampah. Alasannya, dalam waktu dekat bank sampah akan tersedia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Tapsel, Awalluddin Sibarani mengatakan, saat ini pihaknya sedang membangun gedung bank sampah itu. Luas lahan yang tersedia mencapai 500 meter/segi lahan hibah dari masyarakat. "Sekarang masih dalam pengerjaan, sehingga dalam waktu dekat dapat beroperasi," ujarnya kepada wartawan ketika ditemui di ruangan, Kamis (9/11/2017).

Apabila beroperasi nanti, Bank Sampah itu akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, karena mendatangkan nilai ekonomis. Masyarakat setempat akan dilatih untuk menjadi tenaga kerja pengolahan sampah. Sehingga keberadaan sampah tidak lagi menjadi sesuatu yang merusak lingkungan namun memberikam nilai jual bagi masyarakat.

"Sampah rumah tangga akan dikumpulkan dan diolah menjadi nilai ekonomis," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bank sampah juga mampu meminimalisir jumlah sampah di wilayah itu, karena mampu menampung ratusan kubik sampah. Dibangunnya bank sampah di daerah itu karena jumlah penduduknya lebih dari 2.000 kepala keluarga, sehingga kapasitas sampah cukup banyak.

Selain itu, Pemkab Tapsel juga akan menyalurkan 10 unit sepeda motor sampah kepada masyarakat. "Rencananya, jumlah motor sampah itu 24 unit, tapi yang baru tersalurkan 10 unit," tandasnya.

Secara khusus dia mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan bersama Komisi VII DPR yang sudah memberikan bantuan tersebut kepada Pemda Tapsel. Dia juga berharap kepada masyarakat agar menjaga bangunan Bank Sampah itu.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6803 seconds (0.1#10.140)