Setiap Bulan, Dua Warga TTU Terinveksi HIV/AIDS

Selasa, 07 November 2017 - 19:43 WIB
Setiap Bulan, Dua Warga TTU Terinveksi HIV/AIDS
Setiap Bulan, Dua Warga TTU Terinveksi HIV/AIDS
A A A
KEFAMENANU - Dalam kurun 11 tahun terakhir jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terus meningkat. Sejak 2006 hingga 2017, tercatat 349 orang terindikasi menderita penyakit yang belum ada obatnya di dunia. Jumlah tersebut jika dibagi setiap bulannya, maka terdapat dua orang yang terinveksi setiap bulan.

Selain data akumulasi di wilayah Kabupaten TTU, ada juga tiga wilayah Kecamatan yang tercatat menempati rangking teratas warganya pengidap HIV/AIDS, di antaranya Kecamatan Biboki Anleu, Kecamatan Kota Kefamenanu, dan Kecamatan Insana.

Untuk mengantisipasi itu, Kepala Dinas Kesehatan TTU, Derry Fernandes mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pemeriksaan HIV dan AIDS di rumah sakit terdekat atau di Kantor KPAD TTU.

"Kami harapkan semua masyarakat mau memeriksakan diri untuk mendeteksi apakah mengidap HIV/AIDS atau tidak. Jika mengidap maka akan dilakukan penanggulangan dini," katanya, Selasa (7/11/2017).

Sebelumnya, sejumlah wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara juga mendatangi posko pemeriksaan HIV/AIDS di kantor Bupati TTU untuk melakukan tes darah. Setelah melakukan pemeriksaan, lima orang wartawan dinyatakan negatif atau tidak mengidap penyakit tersebut.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2283 seconds (0.1#10.140)