Di Depan 33 Konjen, Pastika Sebut Bali Aman

Rabu, 04 Oktober 2017 - 17:52 WIB
Di Depan 33 Konjen, Pastika Sebut Bali Aman
Di Depan 33 Konjen, Pastika Sebut Bali Aman
A A A
DENPASAR - Gubernur Bali I Made Mangku Pastika mengumpulkan 33 konsulat jenderal dari berbagai negara yang ada di Bali. Di depan mereka, Pastika mengatakan Bali tetap aman.

"Sengaja saya undang mereka untuk menjelaskan situasi terakhir Gunung Agung. Saat ini aktivitas Gunung Agung sudah terjadi penurunan," katanya seusai bertemu para konsulat jenderal (konjen) dari berbagai negara yang ada di Bali, di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Rabu (4/10/2017).

Pastika mengatakan, berbagai kemungkinan yang terjadi dengan Gunung Agung sudah dijelaskan kepada para konjen. "Seandainya terjadi letusan, secara manajemen pengendalian bencana sudah kita lakukan dengan baik. Kalau hari ini ada letusan tidak ada yang jadi korban," ujarnya.

Menurut Pastika, hal itu disebabkan radius 12 km dari Gunung Agung sudah kosong. "Semua sudah mengungsi. Kemudian alat deteksi dini kami sangat canggih," kata Pastika.

Pihaknya menegaskan, setiap orang akan mendapatkan informasi jika Gunung Agung meletus. "Dari ratusan desa yang ada di Karangasem itu hanya 28 desa yang kena dampak. Daerah lainnya juga masih aman. Seperti Kuta, Sanur, Jimbaran, Tanah Lot semua keadaan save, sangat aman."

Menurut Pastika, jangan membayangkan keadaan 2017 seperti peristiwa tahun 1963. "Saat itu belum ada listrik. Tidak ada komunikasi. Pemerintahan juga belum stabil," ujarnya.

Dengan adanya pertemuan ini, pihaknya mengharapkan negara yang memberikan travel advisory segera mencabut. "Harapan kami seperti itu, agar travel advisory itu dicabut. Karena semua tempat masih aman," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.3958 seconds (0.1#10.140)