Jadikan Semangat Kurban Modal Kebangkitan Sosial Budaya Umat Islam

Jum'at, 01 September 2017 - 10:27 WIB
Jadikan Semangat Kurban Modal Kebangkitan Sosial Budaya Umat Islam
Jadikan Semangat Kurban Modal Kebangkitan Sosial Budaya Umat Islam
A A A
SEMARANG - Ribuan umat muslim Kota Semarang dan sekitarnya melaksanakan ibadah Salat Idul Adha 1438 Hijriyah di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJIT), Semarang, Jumat (1/9/2017) pagi. Bertindak selaku imam Salat Id yang dimulai pukul 06.30 WIB ini adalah KH Zaenuri Ahmad AH.

Sementara Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Yos Johan Utama didaulat sebagai khatib. Dalam khotbahnya yang mengusung tema 'Semangat Kurban sebagai Modal Kebangkitan Sosial Budaya Umat Islam dalam Menjaga serta Mempertahankan NKRI dan Pancasila', Yos menekankan pentingnya mengambil hikmah dan teladan atas jiwa berkurban, seperti yang dilakukan Nabi Ismail AS. “Teladan yang bisa diambil adalah berani berkurban untuk suatu hal, tanpa memikirkan keuntungan apapun,” kata Yos.

Menurut dia, masyarakat Indonesia merasa cukup dengan kondisi yang nyaman saat ini sementara masyarakat lain terus mencari celah kemajuan. Jiwa berkurban inilah yang saat ini harus kembali berkobar di dalam jiwa umat Islam Indonesia. "Kita harus berani keluar dari posisi nyaman untuk berani berjuang dengan tujuan agar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi negeri yang makmur," tandasnya.

Di akhir ceramahnya, Yos mengajak umat Muslim untuk lebih mencintai NKRI dan Pancasila. “Dengan kerja keras yang dilandasi cinta NKRI dan Pancasila, Insyaallah cita-cita Indonesia sejahtera akan tercapai. Karena itu, mulai dari yang kecil dan mulai hari ini kita harus bangkit," pungkasnya.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4201 seconds (0.1#10.140)