Kantor KPU Nias Disegel Paksa Pemkot Gunungsitoli

Rabu, 23 Agustus 2017 - 17:31 WIB
Kantor KPU Nias Disegel Paksa Pemkot Gunungsitoli
Kantor KPU Nias Disegel Paksa Pemkot Gunungsitoli
A A A
GUNUNGSITOLI - Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, dengan membawa personel gabungan menyegel paksa Kantor Komisi Pemilihan Umum Nias, Rabu (23/8/2017). Penyegelan terkait hak kepemilikan aset daerah yang diklaim telah diserahkan ke Pemerintah Kota Gunungsitoli oleh Pemerintah Kabupaten Nias, sementara pihak KPU bersikeras menempati kantornya.
Kantor KPU Nias Disegel Paksa Pemkot Gunungsitoli

Aksi penyegelan Kantor KPU Kabupaten Nias oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli hampir ricuh, karena pihak KPU bersikeras tidak keluar dari kantornya dan memilih tetap berada di dalam gedung meski dilakukan penyegelan dengan menggembok pintu pagar.

Sebelum dilakukan penyegelan pihak Pemerintah Kota Gunungsitoli dan Komisioner KPU Nias sempat melakukan dialog namun berakhir saling mempertahankan aset yang masing masing diklaim ke pemilikannya.

“Suka Tidak Suka, Mau Tidak Mau, kami akan tetap mengamankan aset milik Pemerintah Kota Gunungsitoli yang diawali pembersihan oleh petugas kebersihan yang kemudian kami akan mengosongkan seluruh isi gedung,” kata Asisten Pemerintah Kota Gunungsitoli Kurnia Zebua.

Sementara itu, pihak KPU Nias mengklaim telah mendapatkan surat dari Kementerian Keuangan yang menyatakan kantor dan lahan KPU Nias merupakan milik sah KPU RI.
Kantor KPU Nias Disegel Paksa Pemkot Gunungsitoli

“Kami sudah memiliki alas hak berupa Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 52/KM.6/WKN.02/KNL.04/2017 tentang status penggunaan barang milik Negara,” kata Ketua KPU Nias, Abineri Gulo.

Karena tidak adanya titik temu dalam pelaksanaan dialog, akhirnya pihak Pemerintah Kota Gunungsitoli bersama dengan puluhan Satpol PP menyegel paksa Kantor KPU Nias dengan mengembok pagar kantor.

Sedangkan pihak Komisioner KPU dan beberapa pegawai memilih tinggal di dalam kantor. Hingga saat ini, komisioner KPU Nias dan para pegawai masih berada di dalam kantor meski pagar telah dirantai dan digembok oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5566 seconds (0.1#10.140)