Diminta Bongkar Bangunan, Puluhan Warga Demo PT KAI Daop II Bandung

Rabu, 19 Juli 2017 - 14:48 WIB
Diminta Bongkar Bangunan, Puluhan Warga Demo PT KAI Daop II Bandung
Diminta Bongkar Bangunan, Puluhan Warga Demo PT KAI Daop II Bandung
A A A
BANDUNG - Puluhan warga yang mengatasnamakan Komite Rakyat Kebon Jeruk melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor PT KAI Daop II Bandung, Jalan Stasiun Barat, Rabu (19/7/2017).

Mereka menuntut agar Daop II Bandung melakukan mediasi dengan warga, terkait rencana pembongkaran bangunan. Warga berkumpul di depan gerbang kantor Daop II Bandung yang juga berseberangan dengan Stasiun Barat. Mereka melakukan orasi dan sesekali juga menyanyikan yel yel menolak penggusuran.

“Kami ini lapar karena ruang hidup kami di obrak-abrik. Kami datangi PT KAI menuntut agar tidak ada intimidasi dan surat ancaman,” kata salah seorang orator.

Aksi demo tersebut dipicu surat dari Daop II Bandung pada Rabu, 12 Juli 2017, yang meminta seluruh penghuni Jalan Stasiun Barat RW 02, Kelurahan Kebon Jeruk, Kota Bandung, agar membongkar semua bangunan di sepanjang Jalan Stasiun Barat. Dalam surat itu, PT KAI Daop II juga menegaskan akan membongkar paksa bangunan pada Rabu, 19 Juli 2017.

“Ini sebuah tindakan ancaman dan bentuk pelanggaran hukum. Karena pada tanggal 31 Mei, PT KAI telah terbukti bersalah melakukan perbuatan melawan hukum saat melakukan penggusuran warga RT03/RW 02,” kata Humas Komite Rakyat Kebon Jeruk Hanan Attaqwa.

Menurut dia, terkait penggusuran yang dilakukan PT KAI, kasus tersebut dimenangkan warga. Hal itu berdasarkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Bandung Nomor 380/PDT.G/2016/PN.BDG.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6347 seconds (0.1#10.140)