Songket Medan Dikenalkan di Acara Medan Fashion Week 2017

Senin, 10 Juli 2017 - 21:15 WIB
Songket Medan Dikenalkan di Acara Medan Fashion Week 2017
Songket Medan Dikenalkan di Acara Medan Fashion Week 2017
A A A
MEDAN - Setelah sukses mengangkat Batik Medan menjadi terkenal di Nusantara, Ketua Dekranasda sekaligus Ketua TP PKK Kota Medan, Rita Maharani Dzulmi Eldin mencoba mengembangkan Songket Medan. Sama seperti Batik Medan, Rita mengusung ikon Kota Medan menjadi motifnya.

Rita memperkenalkan Songket Medan yang mengusung motif Istana Maimun, Payung Tepak, Durian dan Tembakau Deli di acara Medan Fashion Week 2017 di Kota Medan akhir pekan lalu. Songket itu dikenakan sejumlah model cantik dan ganteng.

“Selain para desainer Medan, acara ini juga melibatkan desainer ternama Indonesia yakni Erdan yang mendedikasikan diri dalam menelurkan karya desain mengangkat tema Indonesia. Ini merupakan kolaborasi yang apik dalam membumikan Songket Medan dan Batik Medan ke depannya,” ungkap Rita.

Selain peluncuran Songket Medan, Rita juga menampilkan busana Batik Medan hasil karya desainnya. Ratusan pengunjung yang memenuhi Ballroom Hotel Adi Mulya terpesona dengan hasil rancangan istri orang nomor satu di Pemko Medan tersebut.

Lewat tangan dingin Rita, Batik Medan menjelma menjadi busana yang dapat dikenakan kapan saja, bisa untuk kantoran, pesta, bersantai, jalan-jalan maupun ke pantai dengan model kekinian. Yang menarik lagi, wanita yang terkenal murah senyum ini mampu membuat Batik Medan menjadi sepatu, tas dan koper yang trendy.

Medan Fashion Week 2017 ini digelar dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-427 Kota Medan tahun 2017. Acara ini dibuka Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. Eldin sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan ini, sebab fashion yang diperkenalkan menggunakan bahan Songket Medan dan Batik Medan yang memiliki keunikan sendiri karena mengusung motif ikon Kota Medan, seperti Istana Maimun, Rumah Tjong A Fie, Becak Medan, Durian, Tembakau Deli serta berbagai motif lainnya.

“Inilah yang membedakan Songket dan Batik Medan dengan batik-batik daerah lainnya. Dengan demikian, Kota Medan semakin dikenal masyarakat luas,” kata Eldin.

Medan Fashion Week 2017 ini dibuka dengan penampilan tarian Melayu yang dibawakan penari dengan mengenakan Songket Medan dengan berbagai motif yang merupakan ciri khas Kota Medan. Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan sejumlah model yang berjalan di atas catwalk dengan mengenakan busana Batik Medan dan Songket Medan dengan berbagai motif hasil kreasi Rita.

Suasana Medan Fashion Week 2017 semakin meriah lagi dengan penampilan salah satu diva Indonesia, Titi Dj. Dengan mengenakan busana Songket Medan warna hijau, Titi pun membawakan sejumlah tembang hitsnya seperti Sang Dewi, Jangan Berhenti Mencintai, termasuk lagu request Rita berjudul Mata Indahmu. Setelah itu Rita melelang 28 busana Batik Medan dengan berbagai motif kepada para tamu yang hadir.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8868 seconds (0.1#10.140)
pixels