Pengunjung Rutan Medaeng Lebaran ini Melonjak Dua Kali Lipat

Minggu, 25 Juni 2017 - 18:09 WIB
Pengunjung Rutan Medaeng Lebaran ini Melonjak Dua Kali Lipat
Pengunjung Rutan Medaeng Lebaran ini Melonjak Dua Kali Lipat
A A A
SIDOARJO - Seiring semakin bertambahnya jumlah narapidana (napi) dan tahanan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Medaeng, jumlah pengunjung rutan pada hari Lebaran tahun ini melonjak dua kali lipat. Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk peringatan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pihak pengelola rutan membuka jam kunjungan hanya sekali, mulai jam satu siang hingga jam lima sore.

Akibatnya, pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa menumpuk di depan rutan. Mereka harus antre sesuai nomor antrean. Bahkan tidak sedikit dari pengunjung yang terpaksa harus menunggu lebih dari lima jam, untuk bisa menjenguk keluarga atau kerabat mereka yang sedang menjalani masa tahanan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Minggu (25/6/2017) untuk bisa masuk ke dalam rutan menemui anggota keluarga dan kerabatnya, para pengunjung juga harus lebih bersabar karena proses masuk ke dalam rutan untuk tahun ini lebih rumit. Pengunjung harus melalui x-ray termasuk barang bawaannya serta mengikuti proses pendataan dengan sidik jari dan foto yang dilakukan petugas di pintu masuk rutan.

Dalam area rutan sendiri, pengunjung tidak bisa bebas bercengkerama dengan keluarga atau kerabat mereka yang menjalani masa tahanan, karena kehadiran pengunjung dibatasi tidak lebih dari satu jam berada dalam ruang terbuka di bawah tenda yang dipasang di lapangan dengan posisi di tengah area rutan. (Baca: Tahanan Rutan Pekan Baru Kabur, Sidang Terganggu)

Selain dipengaruhi meningkatnya jumlah napi dan tahanan yang masuk rutan, lonjakan pengunjung Rutan Medaeng juga dipengaruhi banyaknya pengunjung yang datang setahun sekali saat perayaan Hari Raya Idul fitri. Kondisi ini juga dipengaruhi lokasi rumah pengunjung yang cukup jauh dari rutan.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7657 seconds (0.1#10.140)