JR Saragih: Hargai Masyarakat yang Menjalankan Ibadah Puasa

Selasa, 30 Mei 2017 - 00:01 WIB
JR Saragih: Hargai Masyarakat yang Menjalankan Ibadah Puasa
JR Saragih: Hargai Masyarakat yang Menjalankan Ibadah Puasa
A A A
SIMALUNGUN - Safari Ramadan 2017 di Simalungun mulai dilakukan. Kompleks Sekolah Dasar 095217 Parbutaran, Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) menjadi lokasi pertama Safari Ramadan tersebut.

Bupati Simalungun JR Saragih hadir langsung membaur bersama masyarakat dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadan. Seperti biasa JR Saragih dengan sabar meladeni masyarakat Bosar Maligas untuk bertegur sapa, bersalaman, berpelukan, hingga melakukan foto bersama. Selama bulan suci Ramadan, Pemkab Simalungun akan melaksanakan Safari Ramadan di 200 masjid.

Pemilik nama asli Jopinus Ramli Saragih ini berpesan ke masyarakat agar yang tidak menjalankan puasa untuk menghargai mereka yang berpuasa. Karena itu bagian dari mempererat tali silaturahmi dan membangun kerukunan antarumat beragama.

"Setiap tahun kami terus meningkatkan tali silaturahmi di Kabupaten Simalungun sehingga terus dekat dengan masyarakat. Maka masyarakat dan pemerintah harus bergandeng tangan untuk bersatu," kata JR Saragih di sela-sela rangkaian acara Safari Ramadan, Senin (29/5/2017).

Selain JR Saragih, hadir juga Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Simalungun, hingga tokoh masyarakat Islam di Kabupaten Simalungun, Syekh Muda H Ahmad Syakban Arrahmani.

JR Saragih berpesan agar suasana di kabupaten Simalungun harus selalu kondusif. Terlebih, agama bukan menjadi permasalahan tapi dirawat bersama karena melalui agama ada rasa saling menghargai dan memberi sesuai agama masing-masing.

"Tanamkan selalu semangat baru di tengah-tengah kehidupan kita, maka jadikan Kabupaten Simalungun sebagai rumah serta tempat kita untuk meraih cita-cita."

JR Saragih juga mengatakan, kerukunan umat beragama menjadi arahan utama dari Presiden Jokowi dalam menjaga kesatuan dan persatuan di Indonesia khususnya di Simalungun.

"Sesuai amanah Presiden Jokowi, kerukunan beragama sangat penting dalam memperkuat nilai moril di kehidupan masyarakat. Oleh karenanya melalui Safari Ramadan 2017 ini kerukunan beragama di Simalungun bisa terjalin dengan baik," ujarnya.

Tokoh masyarakat Islam di Kabupaten Simalungun, Syekh Muda H Ahmad Syakban Arrahmani menyatakan, dengan adanya Safari Ramadan yang dilakukan oleh Pemkab Simalungun menjadi bukti nyata masyarakat mencintai pemimpinnya. Apalagi Safari Ramadan sudah sering dilakukan dan menjadi pembuktian dari persatuan dan kesatuan serta kerukunan beragama.

"Pemerintah harus terus melakukan hal ini dan terus ditingkatkan yang otomatis menjadi wujud nyata dari figur Bapak JR Saragih sebagai kepala daerah yang dekat dengan masyarakat," katanya.

Safari Ramadan 2017 di Bosar Maligas dirangkai dengan kegiatan tausiyah Ramadan, pemberian santunan kepada anak yatim piatu, pemberian kartu BPJS, hingga pasar murah. Puncak acara Safari Ramadan 2017 di Kabupaten Simalungun akan dilaksanakan pada 14 Juni 2017 yang dihadiri oleh Ustazah Tan Mei Hwa dari Surabaya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5780 seconds (0.1#10.140)