Lanjutkan Proyek, PT KAI Ratakan Puluhan Rumah Warga

Kamis, 04 Mei 2017 - 14:28 WIB
Lanjutkan Proyek, PT KAI Ratakan Puluhan Rumah Warga
Lanjutkan Proyek, PT KAI Ratakan Puluhan Rumah Warga
A A A
BANDUNG BARAT - Sebanyak 69 bangunan rumah warga yang berada di atas lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) tepatnya di Kampung Andir RT 04/03, Desa Gado Bangkong Kecamatan Ngamprah mulai diratakan dengan tanah.

Dalam pembongkaran rumah warga sebagai lanjutan dari proyek Kereta Api Cepat trans Jakarta-Bandung tersebut, PT KAI melibatkan sedikitnya 480 personil gabungan baik dari internal PT KAI juga dari unsur Kepolisian, TNI dan petugas PLN untuk mangamankan jalannya penertiban tersebut.

Bangunan rumah warga yang diratakan dengan tanah tersebut, setelah sebelumnya warga terpaksa harus membongkar bangunannya sendiri dari sejak November 2016. Saat itu warga diminta untuk menandatangani surat perjanjian untuk pembongkaran.

Dari pantauan di lapangan, tampak ratusan petugas gabungan dari internal PT KAI bersama unsur Kepolisian, TNI dan PLN dilibatkan untuk mengawal jalannya penertiban tersebut.

Bangunan yang sebelumnya telah dibongkar sendiri oleh warga tersebut, diratakan dengan tanah dengan menggunakan satu unit alat berat. Pembongkaran sendiri dimulai dari pukul 08.30 WIB dan masih berlangsung hingga siang.

Manajer Humas PT KAI DAOP 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, pihaknya hari ini fokus melakukan penertiban di RT 04/03 Desa Gadobangkong tepatnya di KM 143 + 800 sampai 144+300. Di lokasi tersebut, tercatat ada 69 Kepala Keluarga (KK).

"Dari 69 KK ini setelah dilakukan sosialisasi dan mereka juga telah menerima uang bongkar dari kita sudah ada 66 bangunan yang dibongkar warga, sisanya ada 3 bangunan yang belum dibongkar tapi hari ini tetap akan dibongkar sesuai kesepakatan," kata Joni di lokasi pembongkaran.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6491 seconds (0.1#10.140)