Pemkab Simalungun Bantu Pengobatan Gadis Penderita Tumor Ganas

Rabu, 03 Mei 2017 - 22:26 WIB
Pemkab Simalungun Bantu Pengobatan Gadis Penderita Tumor Ganas
Pemkab Simalungun Bantu Pengobatan Gadis Penderita Tumor Ganas
A A A
SIMALUNGUN - Gerakan kinerja semangat baru Sumatera Utara (Sumut) untuk kesehatan masyarakat diperlihatkan Bupati Simalungun JR Saragih.

Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, pihaknya berupaya membuat Afnida Duma Sari Saragih penderita tumor ganas untuk sembuh.

Kepala Puskesmas Panombeian Panei, Simalungun dr Taruli mengungkapkan, awalnya Afnida Duma Sari Saragih mengalami kecelakaan saat bermain bola voli di bagian jempol sebelah kiri. Setelah itu dibawa ke bidan desa di dekat rumahnya.

"Setelah diperiksa terdapat benjolan kemudian Afnida dirujuk ke Rumah Sakit Vita Insani diterima spesialis bedah, ternyata menjurus ke tumor dan itu dilakukan Januari 2016," ucapnya di Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (3/5).

Selanjutnya, kata Taruli, pelajar SMU Sultan Agung Kota Pematangsiantar ini dirujuk ke Laboratorium Rani di Pematangsiantar. Dari sana, ia pun dirujuk ke Rumah Sakit Murni Teguh Medan untuk diamputasi.

"Setelah 21 hari pasca diamputasi bagian jempolnya, maka saran dokter untuk melakukan kemoterapi," bebernya.

Diakuinya, penyakit yang diderita siswi kelas 3 SMU ini tak kunjung sembuh. Pasalnya, selepas dua kali di kemoterapi, Afnida merasakan benjolan naik ke atas bagian lengan kirinya. Bahkan, setelah enam kali di kemoterapi Afnida merasakan mual dan muntah.

"Sampai sekarang pun kita terus memantau kondisinya, karena mengalami mual dan muntah pasien enggan untuk dibawa lagi ke rumah sakit," tegasnya.

Meski demikian, Pemerintahan Kabupaten Simalungun, tidak berdiam diri. Melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Simalungun, Sarimauli Siadari, pihaknya terus berupaya untuk membuat Afnida sembuh.

"Sesuai arahan Bupati Simalungun JR Saragih bahwa kesehatan harus diutamakan dan kita sekuat tenaga untuk membujuk Afnida agar mau dibawa ke rumah sakit kembali," kata Sarimauli.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4510 seconds (0.1#10.140)