Rayakan Kelulusan, Siswa di Pati Cium Temannya di Ruang Publik

Rabu, 03 Mei 2017 - 08:51 WIB
Rayakan Kelulusan, Siswa...
Rayakan Kelulusan, Siswa di Pati Cium Temannya di Ruang Publik
A A A
PATI - Sebuah pemandangan yang cukup memprihatinkan terjadi di Jalan Dr Susanto, sebelah utara pertigaan Pentol Godi, Pati, Selasa 2 Mei 2017 sore. Seorang siswi yang dibonceng dua rekan lelakinya terlihat diciumi dari belakang.

Siswa yang mengapit siswi tersebut tampak tidak malu, kendati banyak kendaraan yang lalu lalang melewati jalan raya tersebut. Dari pengamatan di lapangan, ketiga pelajar tersebut mengendarai sepeda motor Beat Merah. Seragam dan rambut mereka telah dicorat-coret menggunakan pilok.

Pengamat pendidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Hamidulloh Ibda mengatakan, pemandangan semacam itu tidak lepas dari pengaruh globalisasi. “Perbuatan itu tidak dianggap amoral, karena menurutnya keren. Itu tugas bersama guru, orangtua, masyarakat dan Dinas Pendidikan,” katanya, Rabu (3/5/2017).

Menurut dia, tanggung jawab pendidikan tidak sepenuhnya dipikul guru. Dalam dunia pendidikan, ada istilah tripusat pendidikan, yakni pendidikan dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Terpisah, satu siswi SMK Tunas Harapan kedapatan membawa satu botol miras yang dibawa bersama temannya jelang pengumuman kelulusan. Dia diamankan petugas kepolisian bersama satu rekannya di Mapolsek Wedarijaksa.

Kapolsek Wedarijaksa AKP Sulistyaningrum akan memanggil orangtua dan gurunya untuk dilakukan pembinaan. Dia berharap, pemanggilan orangtua dan guru bisa mendidik dan memberikan efek jera.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5905 seconds (0.1#10.140)