Eksekusi Pasar Merjosari Ricuh, Petugas dan Pedagang Bentrok

Kamis, 06 April 2017 - 12:40 WIB
Eksekusi Pasar Merjosari Ricuh, Petugas dan Pedagang Bentrok
Eksekusi Pasar Merjosari Ricuh, Petugas dan Pedagang Bentrok
A A A
KOTA MALANG - Eksekusi pemindahan Pasar Merjosari, Kota Malang, Kamis (6/4/2017) siang, berlangsung ricuh. Ratusan pedagang terlibat bentrok dengan petugas hingga seorang pedagang pingsan.

Aroma perlawanan pedagang terhadap eksekusi bangunan Pasar Merjosari, Lowokwaru, Kota Malang, sudah terasa panas begitu mobil polisi datang dan memberikan sosialisasi proses eksekusi. Pedagang langsung menghadang mobil polisi dan menolak sosialisasi.

Eksekusi Pasar Merjosari Ricuh, Petugas dan Pedagang Bentrok

Aksi penghadangan berubah menjadi aksi saling dorong, hingga bentrok antara pedagang dan petugas gabungan dari Satgas Pasar, Satpol PP, Kepolisian dan TNI, tidak bisa dihindarkan. Para pedagang menyerang petugas pasar yang masuk dan mengusir keluar.

Beberapa orang yang dianggap sebagai provokator keributan sempat diamankan petugas. Aksi bentrok mengakibatkan seorang pedagang pingsan.

Koodinator Lapangan Pedagang, Sabil mengatakan, pedagang menolak eksekusi pemindahan pasar karena pasar terpadu yang disediakan untuk lokasi baru para pedagang dinilai belum selesai. “Kondisinya juga tidak layak,” katanya.

Sementara Dinas Pasar Kota Malang untuk menghindari agar bentrokan tidak meluas, proses eksekusi dilakukan bertahap. Petugas hanya melakukan pembongkaran bangunan dan lapak yang sudah kosong setelah pedagangnya bersedia dipindahkan.

“Sampai saat ini petugas masih melakukan pembongkaran secara manual dan menunggu alat berat didatangkan,” kata Wahyu Setianto, Kepala Dinas Pasar Kota Malang.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7001 seconds (0.1#10.140)