Hati-hati, Jalan Malang Menuju Batu Licin Pasca-Longsor

Jum'at, 31 Maret 2017 - 18:51 WIB
Hati-hati, Jalan Malang Menuju Batu Licin Pasca-Longsor
Hati-hati, Jalan Malang Menuju Batu Licin Pasca-Longsor
A A A
MALANG - Bencana tanah longsor melanda Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Jumat (31/3/2017) pukul 14.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akses jalan utama tertutup lumpur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Irianto mengatakan, dampak longsor tersebut mengakibatkan jalan utama Malang menuju Batu sempat ditutup. Hanya kendaraan roda dua yang bisa dilewati. Itu pun dengan merekayasa jalan dengan cara sistem buka tutup.

"Kondisi sudah normal setelah tim relawan diterjunkan ke lokasi membersihkan tumpukan lumpur yang menghambat arus lalu lintas," katanya.

Irianto menjelaskan, wilayah Pujon rawan terhadap bencana tanah longsor. Dengan kondisi topografisnya yang berbukit dan terjal mudah memicu tanah longsor, apalagi jika terjadi hujan intensitas tinggi.

Pengurus dan relawan PMI Kabupaten Malang Muji Utomo mengatakan, lokasi longsor dekat Pasar Mantung Pujon, volumenya mencapai empat hingga lima meter kubik. Untuk membersihkan material longsor membutuhkan waktu hingga tiga jam. Meski kondisi jalan sudah kembali normal, masyarakat diminta tetap waspada.

"Masyarakat harus hati-hati karena jalannya masih licin " ujar Muji Utomo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3404 seconds (0.1#10.140)