Banyak Lakalantas, Warga Keluhkan Jalan Provinsi di Kabupaten Siak Rusak

Rabu, 29 Maret 2017 - 22:30 WIB
Banyak Lakalantas, Warga Keluhkan Jalan Provinsi di Kabupaten Siak Rusak
Banyak Lakalantas, Warga Keluhkan Jalan Provinsi di Kabupaten Siak Rusak
A A A
SIAK - Banyak warga mengeluhkan jalan di Kabupaten Siak yang berstatus jalan provinsi rusak. Pemkab Siak menyatakan, sudah memberitahukan perihal rusaknya sejumlah ruas jalan kepada Pemprov Riau, namun sejauh ini belum ada tanggapan.

Kepala Dinas PU Kabupaten Siak, Irving Kahar mengatakan, bahwa jalan provinsi yang ada di wilayahnya panjangnya 236,37 kilometer. Dibeberapa titik terdapat kerusakan dan jalan bergelombang.

"Sudah lama kita memberitahukan banyak jalan propinsi yang rusak ke provinsi. Bahkan kita sudah melakukan rapat bersama dengan pemprov, namun sejauh ini belum ada kemajuan," kata Irving, Rabu (29/3/2017).

Banyaknya jalan rusak itu banyak dikeluhkan warga Siak terlebih sudah banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan yang rusak dan bergelombang itu.

Dia menyebutkan jalan provinsi yang rusak itu di Simpang Minas sampai Buatan kilometer 11. Kondisi yang sama juga terdapat di Simpang Desa Pusako menuju Pakning, jalannya bergelombang berlubang.

Terkait kondisi jalan yang rusak, pihak Pemkab Siak bersama pihak kepolisian setempat telah melakukan pemasangan spanduk di sejumlah titik. Spanduknya berisikan imbauan kepada pengendara agar berhati-hati saat berkendara karena jalan rusak.

Selain jalan propinsi, kerusakan juga terjadi pada jalan nasional di Siak yang menghubungkan beberapa kabupaten lainnya di Riau. Panjang jalan nasional di Kabupaten Siak adalah 94,08 kilometer.

"Kalau warga selalu mengadu ke Pemkab Siak. Bukannya kita tidak mau memperbaiki, tapi itu bukan kewenangan kita karena statusnya jalan provinsi dan nasional. Kalau kita yang mengerjakannya tentu menyalahi kewenangan. Kalau yang berstatus jalan kabupaten sudah tidak ada kendala," timpal Irving.

Kapolres Siak AKBP Restika Nainggolan menjelaskan bahwa akibat banyaknya jalan rusak sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Pada tahun ini sudah terjadi beberapa kali kecelakaan dan menelan korban jiwa akibat jalan rusak dan bergelombang. Baru baru ini saja," timpal Kapolres Siak.

Sementara Karo Humas Pemprov Riau, Darusman mengatakan, bahwa sudah menerima laporan terkait keluhan warga akibat jalan propinsi rusak. "Rencananya tahun ini akan dilakukan perbaikan jalan provinsi," tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8616 seconds (0.1#10.140)