Warga Pangandaran Tangkap Orang Gila yang Diduga Penculik

Jum'at, 24 Maret 2017 - 16:20 WIB
Warga Pangandaran Tangkap Orang Gila yang Diduga Penculik
Warga Pangandaran Tangkap Orang Gila yang Diduga Penculik
A A A
PANGANDARAN - Maraknya isu penculikan yang diduga dilakukan oleh orang yang berpura-pura gila meresahkan masyarakat di Kabupaten Pangandaran.

Dalam satu malam di tempat yang berbeda warga di dua Kecamatan berhasil mengamankan dua orang gila yang diduga sebagai penculik.

Fuji (27) warga Dusun Cimahi, Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran mengatakan, warga di Dusun Cisalak, Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur khawatir lantaran ada orang gila yang meresahkan.

"Karena resah warga akhirnya menggiring orang gila itu ke Dusun Cikandri, Desa Bunisari, namun saat berada di Dusun Cikandri orang gila itu melakukan tindakan kekerasan kepada seorang kakek dan akhirnya digiring oleh warga ke Dusun Ciwangkal, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur," kata Fuji.

Masih dikatakan Fuji, saat berada di Dusun Ciwangkal, Desa Cimindi tepatnya di perempatan ada mobil warga yang lewat.

Mobil yang digunakan oleh warga itu memiliki lampu yang menyala kerlap-kerlip seperti mobil Polisi hingga akhirnya orang gila tersebut lari ketakutan.

"Melihat tingkah orang gila lari, warga akhirnya mengejarnya karena diduga orang gila itu ketakutan, mungkin orang itu menyangka mobil itu Polisi yang akan menangkapnya," tambahnya.

Fuji menjelaskan, apabila itu benar orang gila, maka saat melihat lampu mobil yang kerlap-kerlip tidak akan lari. Sehingga warga menduga orang itu penculik atau pencuri yang berpura-pura gila.

Warga lainnya Hadlan (40) mengatakan, diduga kuat orang itu orang yang menyamar, bisa saja orang itu pencuri atau penculik.

"Dari gelagatnya anggota badannya masih bersih dan saat diajak bicara nyambung, selain itu pakaian yang digunakannya pun kotornya seperti kotor buatan," kata Hadlan.

Untuk menjaga kondusivitas dan agar warga tidak resah akhirnya orang gila itu ditahan di Polsek Cigugur.

Sementara di tempat berbeda tepatnya di Dusun Karangpucung, Desa Jadikarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, sekitar pukul 21.00 WIB, Kamis(23/3/2017) malam seorang pria tanpa identitas ditangkap warga.

Pria tersebut ditangkap karena terlihat gelagatnya mencurigakan, warga menduga pelaku merupakan anggota kelompok penculik atau sindikat pencuri.

Menurut warga setempat, Anto mengatakan, pria tersebut jalan kaki sendiri, namun karena banyak kerumunan warga, pria tersebut kembali balik arah dan menjauh dari kerumunan warga.

"Karena mencurigakan warga mengejarnya, saat dikejar oleh warga dia lari semakin kencang, warga semakin curiga bahwa dia orang normal," kata Anto.

Saat ini lanjut Anto pria tersebut diamankan di Polsek Langkaplancar untuk diperiksa psikologinya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani mengatakan, pihaknya akan melakukan penertiban terhadap orang gila yang banyak berkeliaran di Pangandaran.

"Secepatnya kita akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban orang gila dan gepeng," kata Dani.

Terkait isu orang gila tersebut merupakan sindikat penculik atau sindikat pencuri, Dani menghimbau hendaknya masyarakat berhati-hati dan harus tetap waspada.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1886 seconds (0.1#10.140)