Jalan Menuju Tambang Sirtu di Pasuruan Diblokade, Truk Dilarang Melintas

Jum'at, 17 Maret 2017 - 19:20 WIB
Jalan Menuju Tambang Sirtu di Pasuruan Diblokade, Truk Dilarang Melintas
Jalan Menuju Tambang Sirtu di Pasuruan Diblokade, Truk Dilarang Melintas
A A A
PASURUAN - Puluhan warga Desa Lebakrejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, memblokade ruas jalan menuju lahan tambang galian pasir batu (sirtu). Mereka menghentikan paksa truk pengangkut hasil tambang yang dituding sebagai biang kerusakan jalan.

Lahan tambang yang berdekatan dengan Mata Air Umbulan ini sejak beberapa tahun lalu telah dieksplorasi sebagai tambang galian sirtu. Lalu-lalang kendaraan berat bermuatan penuh ini bahkan telah menjebol jembatan pada ruas jalan tersebut.

Aksi spontan warga ini merupakan buntut kekecewaan atas kerusakan jalan yang tidak juga segera diperbaiki. Pengusaha tambang yang menjanjikan perbaikan jalan tidak juga segera merealisasikannya.

"Kami menuntut pengusaha tambang bertanggung jawab atas kerusakan jalan desa. Mereka sudah berulang kali berjanji tetapi tidak pernah menepatinya," kata Abdul Karim, seorang warga setempat, Jumat (17/3/2017).

Menurutnya, pemblokiran jalan ini sebagai bentuk protes kepada pemerintah dan pemilik tambang galian sirtu. Warga akan membuka kembali jalan truk pengangkut hasil tambang sirtu tersebut apabila ada kesanggupan untuk perbaikan jalan.

"Truk tambang tidak boleh lewat selama belum ada kesanggupan untuk perbaikan jalan. Hanya mobil pribadi dan sepeda motor yang boleh lewat," tandasnya.

Setelah bertahan sekitar tiga jam, warga akhirnya bersedia membuka jalan untuk dilalui truk tambang sirtu. Kesepakatan ini dicapai setelah petugas kepolisian memfasilitasi perundingan perwakilan warga dengan pemilik tambang.

Camat Winongan Tectona Jati mengatakan, pihaknya telah beberapa kali memanggil dan mengingatkan lima pemilik tambang sirtu untuk memperbaiki jalan yang rusak. Namun, peringatan tersebut diabaikan.

"Pemilik tambang sudah menyatakan kesanggupan untuk memperbaiki jalan yang rusak. Perbaikan jalan ini secara teknis akan dikoordinasikan dinas terkait," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7536 seconds (0.1#10.140)