Ridwan Kamil Mengaku Sering Jadi Korban Hoax

Senin, 20 Februari 2017 - 17:15 WIB
Ridwan Kamil Mengaku Sering Jadi Korban Hoax
Ridwan Kamil Mengaku Sering Jadi Korban Hoax
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai banyak kabar bohong atau hoax yang terselip di antara derasnya informasi saat ini. Bahkan, dia pun sering jadi korban hoax.

"Saya korban hoax enam kali. Salah satunya, foto saya dipakai berita bohong," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam Deklarasi 'Bandung Hantam Hoax' di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (20/2/2017).

Emil mengaku kecapean dalam mengklarifikasi berita bohong tersebut. Untuk mengikis penyebaran berita hoax ini, pihaknya akan melakukan kampanye ke sekolah-sekolah.

"Saya akan kampanye ke sekolah-sekolah ke masyarakat, ormas selama setahun ini agar semangat melawan hoax," katanya.

Pendewasaan masyarakat perlu dilakukan, agar mereka dapat memilah informasi, mengecek ke sumber online tepercaya dan tabayun. "Dengan gencar kampanye, minimal di Kota Bandung hoax akan dikikis habis," tegasnya.

Dia berharap deklarasi ini dapat dilakukan di seluruh Indonesia hingga dunia. Bagi para kepala daerah yang tak memiliki medsos, katanya, ada humas yang tak boleh gaptek agar bisa membantah kabar di medsos dan bisa klarifikasi secepatnya.

"Kalau saya megang sendiri medsos jadi bisa cepat menangkal hoax. Saya mengimbau humas-humas di pemerintah daerah untuk melakukan gerakan hantam hoax ini," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0815 seconds (0.1#10.140)