KPU Pastikan Kesiapan Logistik Pilkada Yogyakarta

Selasa, 07 Februari 2017 - 16:47 WIB
KPU Pastikan Kesiapan Logistik Pilkada Yogyakarta
KPU Pastikan Kesiapan Logistik Pilkada Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Delapan hari jelang waktu pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah Yogyakarta 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat kembali memastikan kesiapan seluruh kebutuhan logistik pemungutan suara.

"Semua kebutuhan logistik telah masuk kotak, telah kami segel, dan tinggal pendistribusian," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto saat menerima kunjungan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo, di Gudang KPU Jalan Imogiri Timur, Umbulharjo, Selasa (7/2/2017).

Sesuai jadwal, pendistribusian logistik dimulai pada 14 Februari pagi dengan tahapan dari Gudang KPU didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 14 kecamatan. Kemudian, di hari yang sama PPK mengirim ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 45 kelurahan untuk diteruskan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 794 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jadi target kami 14 Februari malam semua sudah diterima di KPPS untuk dipakai di pagi harinya tanggal 15 Februari," kata Wawan.

Terkait pengamanan saat pendistribusian logistik, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Selain itu, KPU juga sudah koordinasi dengan Pemkot Yogyakarta untuk melibatkan petugas linmas membantu penjagaan logistik di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kebutuhan logistik yang disiapkan KPU di antaranya surat suara sebanyak 306.849 lembar, kotak suara, kotak rekapitulasi suara, bilik suara, tinta, template sebagai alat bantu pemilih tunanetra, serta dokumen pendukung pemungutan suara.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Yogyakarta 2017 tercatat sebanyak 298.989 orang, terdiri dari 143.307 pemilih laki-laki dan 155.682 pemilih. Dari jumlah tersebut, 837 di antaranya adalah pemilih dari penyandang disabilitas.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo berharap penyelenggaraan Pilwali 2017 berjalan lancar, aman, dan damai.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4159 seconds (0.1#10.140)