Mencangkul di Halaman Rumah, Engkus Temukan Granat Peninggalan Belanda

Selasa, 02 Agustus 2016 - 16:30 WIB
Mencangkul di Halaman Rumah, Engkus Temukan Granat Peninggalan Belanda
Mencangkul di Halaman Rumah, Engkus Temukan Granat Peninggalan Belanda
A A A
CIAMIS - Engkus (63), warga Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menemukan sebuah granat yang diduga masih aktif tertimbun dalam tanah.

Engkus menuturkan, sewaktu dia mencangkul halaman rumahnya dan membersihkan halaman dari rumput, tiba-tiba cangkul yang digunakannya membentur sebuah benda keras. Dia menduga bahwa itu adalah sebuah batu biasa. Kemudian Engkus mencangkul lebih dalam untuk mengangkat benda tersebut. Setelah itu, dia malah melempar benda tersebut.

"Saat itu saya belum sadar, tetapi sewaktu tergeletak terlihat benda itu berbentuk bulat, berkarat, dan tertutup tanah, juga di bagian atas ada kawatnya," ungkapnya, Selasa (2/8/2016).

Karena penasaran dengan benda tersebut, Engkus langsung mengambilnya kembali dan mencoba membersihkannya. Setelah bersih terlihat benda berkarat itu terlihat seperti granat.

"Saya heran saja kenapa di tempat saya ada benda semacam ini. Setelah melaporkannya kepada kepala dusun dan menyimpulkan benda ini memang sebuah granat. Karena dikhawatirkan membahayakan, jadi kami laporkan ke polisi untuk diamankan," tuturnya.

Kapolsek Kawali Kompol Kusnadi Erisyadi membenarkan adanya penemuan benda diduga granat aktif. Diduga, senjata lempar tersebut peninggalan tentara Belanda saat jaman penjajahan. Granat tersebut kemudian diamankan di Mapolres Ciamis.

Paur Logistik Polres Ciamis Aiptu Jarwoto mengaku mendapat titipan dari Polsek Kawali sebuah benda yang disimpulkan sebuah granat yang ditemukan di halaman rumah warga. Untuk pengamanan, pihaknya mengamankan granat itu. Benda tersebut akan diserahkan kepada Unit Jibom untuk tindakan lebih lanjut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1504 seconds (0.1#10.140)