Penemuan Granat Peninggalan Perang Gemparkan Warga Pajangan Bantul

Kamis, 14 Maret 2024 - 10:00 WIB
loading...
Penemuan Granat Peninggalan Perang Gemparkan Warga Pajangan Bantul
Jajaran kepolisian saat melakukan pengecekan di lokasi penemuan granat di Dusun Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Foto/Humas Polres Bantul.
A A A
BANTUL - Sebuah granat tangan ditemukan warga di Dusun Kunden, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Bantul pada Rabu (13/3) petang. Benda yang diduga peninggalan perang tersebut ditemukan warga yang sedang membuat galian tanggul sungai setempat.

Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, penemuan granat bermula saat Yuli Winarto (41) warga Wijirejo, Pandak, Bantul sedang mencangkul tanah melihat bongkahan besi bulat kecil yang sudah berkarat.

”Saksi sedang membuat galian sungai, tiba-tiba ketika sedang mencangkul ada benda yang setelah diamati ternyata granat tangan,” kata Jeffry, Kamis (14/3/2024).



Kemudian, lanjut Jeffry, untuk memastikan bahwa benda tersebut benar-benar granat, saksi memanggil dua rekannya. Yakin bahwa benda tersebut adalah bekas senjata perang, mereka kemudian melaporkan temuan itu ke Polsek Pajangan.

Selanjutnya, anggota Polsek Pajangan yang menerima laporan tersebut langsung mendatangi lokasi untuk memastikan kebenaran informasi itu. Setelah dilakukan pengamatan, petugas menduga bahwa granat yang ditemukan oleh warga masih aktif.



”Diduga masih aktif karena cincin pemicu masih terpasang,” lanjut Jeffry.

Kini, granat tersebut telah diamankan oleh Unit Gegana Polda DIY. Pihak kepolisian masih menyelidiki terkait penemuan granat tersebut. Petugas juga telah memasangi garis polisi di area sekitar lokasi penemuan agar steril dari warga sekitar.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)