Instruktur Kodam Cenderawasih Tewas Terkena Granat saat Latihan

Rabu, 13 April 2016 - 16:26 WIB
Instruktur Kodam Cenderawasih...
Instruktur Kodam Cenderawasih Tewas Terkena Granat saat Latihan
A A A
JAYAPURA - Seorang instruktur (guru militer) dari Kesatuan Rindam XVII Cenderawasih, Serka Sukamdani, tewas akibat terkena ledakan granat pelontar saat pelaksanaan praktik penembakan MO 81, Dikmaba Tahap II, yang berlangsung di Markas Rindam XVII Cenderawasih, Sentani, Jayapura Papua, Rabu (13/4/2016) pukul 11.30 WIT.

Dari informasi yang dihimpun MNC Media, kejadian terjadi saat Serka Sukamdani, yang merupakan Guru Militer pada Pusat Pendidikan Militer Resimen Induk Militer (Rindam) XVII/Cenderawasih sedang memberikan materi latihan penggunaan Senjata Pelontar Granat MO 81 (MortarMedium Kaliber 81) saat pelaksanaan praktik penembakan MO 81, bagi siswa Dikmaba Tahap II, Rindam XVII Cenderawasih.

Saat sedang praktik, terjadi gangguan, yaitu granat sabut tidak meledak, kemudian Serka Sukamdani melakukan langkah mengatasi gangguan. Sesuai prosedur, dimana alat bidik dilepas, laras dilepas dari landasan dan laras dimiringkan agar granat keluar dari laras, namun amunisi tidak bisa keluar, sehingga ditegakkan kembali.

"Saat itu Serka Sukamdani berada tepat di depan laras, tiba-tiba Granat Sabut meledak dan mengenai mukanya.”Ujar Sumber MNC Media yang enggan namanya diberitakan. Atas kejadian itu Serka Sukamdani segera dievakuasi ke RS Yowari, Sentani, Kabupaten Jayapura, untuk mendapatkan perawatan medis. Namun takdir berkata lain, pada pukul 13.15 Wit, Serka Sukamdani dinyatakan meninggal dunia di RS Yowari oleh dokter yang menanganinya.

Dari pantauan MNC Media, Pangdam XVII/Cenderawasih dan rombongan tiba di kamar Jenazah RS. Yowari untuk melihat Jenazah.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf, Teguh Pudji Rahardjo yang dikonfirmasi MNC Media membenarkan adanya kejadian tersebut. “Iya benar, saya masih melihat kondisi korban. Benar korban meninggal dunia, nanti saya hubungi kembali,” ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Rahardjo.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0663 seconds (0.1#10.140)