Atasi Premanisme dan Cegah Terorisme, Polda Papua Bantu Petugas Pos Kamling

Rabu, 23 Maret 2016 - 15:41 WIB
Atasi Premanisme dan Cegah Terorisme, Polda Papua Bantu Petugas Pos Kamling
Atasi Premanisme dan Cegah Terorisme, Polda Papua Bantu Petugas Pos Kamling
A A A
JAYAPURA - Untuk mengatasi premanisme dan mencegah kriminalitas serta terorisme, Direktorat Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Papua menyiagakan sebanyak 120 petugas pos kamling di empat kabupaten.

Bertempat di Markas Polda Papua, Kota Jayapura, Rabu (23/3/2016), petugas pos kamling itu mendapatkan bantuan rompi berwarna oranye dan pelatihan dasar penanganan kamtibmas.

Menurut Kepala Sub Diretorat Pembinaan Polmas Polda Papua AKBP Ibrahim Ibu, kegiatan ini merupakan sinergi antara warga sipil di empat kabupaten yang bertugas sebagai petugas pos kamling dan pihak kepolisian.

Ratusan anggota pos kamling yang disiagakan berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, dan Keerom. Dia menambahkan, terdapat sekitar 100 pos kamling di empat kabupaten. Jumlah terbanyak berada di Kota Jayapura.

Dia mengharapkan kehadiran pos kamling bisa membantu pihak kepolisian mengatasi masalah premanisme, kasus pencurian, dan juga pencegahan aksi terorisme yang berada di kompleks permukiman warga.

Sementara, Kepala Satuan Binmas Polres Kota Jayapura AKP Rozikin menyatakan, pihaknya telah membagikan bantuan borgol, tongkat, jas hujan, senter, radio HT, dan dispenser bagi 86 pos kamling.

Wawan, ketua pos kamling di Pasar Youtefa, Distrik Abepura, mengatakan, sebanyak 16 warga yang berprofesi sebagai penjual sayur diterjunkan untuk mengawasi keamanan di daerah pasar dan sekitarnya setiap hari.

"Kami berharap agar aparat kepolisian segera merespons dengan cepat apabila kami melaporkan ada gangguan keamanan."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5819 seconds (0.1#10.140)