Ikut Outbond, 4 Santri Tewas Tenggelam

Kamis, 10 Desember 2015 - 06:07 WIB
Ikut Outbond, 4 Santri Tewas Tenggelam
Ikut Outbond, 4 Santri Tewas Tenggelam
A A A
SLEMAN - Kegiatan outbond yang digelar Ponpes Al Husain Salam, Magelang, Jawa Tengah, berujung duka. Sebanyak empat santri ponpes tersebut tewas tenggelam di Kali Krasak, Dusun Kopeng, tempel, Sleman, kemarin.

Pengurus Yayasan Al-Husain Mutego Prayitno mengatakan, sebelum kegiatan outbon yang diikuti 200 santri digelar, pihaknya telah melakukan survei di lokasi dan mengetahui bahwa ada cekungan.
"Saat pelaksanaan, pembimbing juga telah memberikan arahan agar tidak bermain-main air. Tapi ada santri yang tidak patuh kemudian tenggelam," katanya Rabu 9 Desember 2015 kemarin.

Keempat santri yang tewas yakni Rizal Ramli asal Boyolali, Fikri Hakim warga Bogor, Ali Ridho warga Grabag, Magelang dan Ali Mufti asal Magelang. Seluruh korban masih berusia 14 tahun dan sama-sama duduk di bangku kelas IX SMP.

Fikri Hakim dan Ali Mufti dievakuasi lebih dahulu oleh warga sekitar pukul 09.30 WIB. Sedangkan korban Rizal Ramli dan Ali Ridho baru ditemukan oleh Tim SAR DIY sekitar pukul 14.00 WIB melalui proses penyelaman.

Tim Evakuasi SAR DIY, Ngadiyono mengatakan, lokasi itu tidak pernah dipakai untuk mandi. Warga hanya memanfaatkannya untuk mancing ikan. Mungkin, kata dia, para santri itu tidak mengetahui jika di kawasan itu ada cekungan dalam bekas dikeruk alat berat.

"Korban mau menolong yang tenggelam pertama, tapi mungkin tidak bisa berenang, malah tenggelam," ujar Ngadiyono.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7132 seconds (0.1#10.140)