Kabut Asap Ganggu Pengamatan Gunung Sinabung

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 02:00 WIB
Kabut Asap Ganggu Pengamatan Gunung Sinabung
Kabut Asap Ganggu Pengamatan Gunung Sinabung
A A A
KABANJAHE - Gara-gara kabut asap, pemantauan Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara oleh petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung, sejak dua hari belakangan mengalami gangguan.

Berdasarkan penuturan petugas PPGA Rutra yang ditemui, Kamis (1/10/2015), kabut asap kiriman hasil dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah provinsi di Indonesia, sangat berdampak terhadap pemantauan aktivitas Sinabung seperti awan panas guguran dan erupsi.

"Gangguan pengamatan visual sebelumnya juga pernah terjadi. Yang terparah sampai kondisi gunung tertutup total, terjadi sejak hari Rabu kemarin," ungkap Rutra.

Meski begitu, pihaknya senantiasa tetap siaga memantau aktivitas Sinabung. Misal,dengan menggunakan alat deteksi gempa dan thermalcam. Menurutnya, hingga pukul 17.00 WIB tidak teramati aktivitas awan panas guguran Sinabung. Hanya terjadi guguran-guguran biasa.

Pada hari Rabu (30/9/2015) terjadi empat kali erupsi yang disertai awan panas guguran. Namun, jarak luncur dan ketinggian kolom debu tidak dapat teramati akibat diselimuti kabut asap.

"Kepada masyarakat terkhusus yang bermukim di kawasan lingkar Gunung Sinabung terus kita imbau agar mematuhi rekomendasi yang telah dikeluarkan PVMBG. Terlebih pada saat kondisi gunung tidak dapat teramati akibat tertutup kabut asap ini," katanya.

Rekomendasi tersebut yakni agar tidak beraktivitas pada zona radius yang sudah ditetapkan, 7 kilometer untuk sektor selatan-tenggara, dan 6 kilometer untuk sektor timur-tenggara.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6025 seconds (0.1#10.140)