Digital Marketing Bantu Penjualan Otomotif

Rabu, 16 September 2015 - 10:43 WIB
Digital Marketing Bantu Penjualan Otomotif
Digital Marketing Bantu Penjualan Otomotif
A A A
SURABAYA - Era digital benarbenar dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan otomotif. Pasalnya, pemasaran dengan memakai kecanggihan teknologi lebih efisien dibandingkan pemasaran manual.

”Pemasaran melalui digital lebih efektif dan efisien. Kami akan memakai teknologi sebagai cara pemasaran yang baik,” kata Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), Suwito, kemarin. Suwito mengatakan, MPM sebagai main dealer Honda wilayah Jatim & NTT sengaja meluncurkan aplikasi OHC (One Heart Card) Mobile Apps. Aplikasi ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan.

Aplikasi yang baru diperkenalkan ini membuat konsumen semakin percaya terhadap keberadaan MPM. Sejak diluncurkan sudah ada 100 konsumen yang langsung mengunduh. Hingga akhir tahun, konsumen yang menggunakan aplikasi ini mencapai 10 ribu-20 ribu. ”Ini adalah digital marketing , sekarang sudah saatnya menggunakan aplikasi ini. Karena ke depannya, marketing digital menjadi cara pemasaran yang efektif,” ujarnya.

Aplikasi ini merupakan solusi dalam memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Mereka bisa booking service (pesan servis) hingga mengetahui harga motor yang ada di MPM. Dengan peluncuran ini, MPM yakin pangsa pasar MPM akan semakin luas. Selain itu, aplikasi ini semakin mempersempit gerak kompetitor untuk merebut pasar Honda. ”Kalau kami tidak melakukan inovasi dengan aplikasi ini, saya yakin kompetitor akan mengambil pangsa pasar kami.

Berhubung kami buat aplikasi ini, gerak kompetitor semakin sempit,” katanya. Di sisi lain, Mobil123.com sebagai salah satu portal otomotif nomor di Indonesia memberikan apresiasi kepada enam dealer mobil bekas yang merupakan rekanan atas kontribusi besar mereka dalam menggunakan aplikasi SI JARI (Sistem Manajemen Respon dan Iklan), sebuah sistem pertama di pasar otomotif Indonesia yang membantu para penjual mobil memasarkan mobil secara efektif.

”Penjualan melalui internet lebih efektif dan cepat,” kata P.C. Gan, Country Manager Mobil123. com, kemarin. Ellen mengatakan, SI JARI merupakan suatu sistem yang dirancang berdasarkan penelitian pasar, riset teknologi, dan pemasaran, selama lebih dari enam bulan dan memiliki nilai investasi sebesar Rp18 miliar.

Melalui sistem ini, para dealer serta penjual mobil bisa memasang informasi penjualan mobil, mengelola, dan memonitori kinerja informasi yang ditampilkan dengan lebih cepat, mudah, dan praktis, melalui ponsel biasa, komputer, tablet, ataupun smartphone . Lebih dari itu, aplikasi SI JARI juga mampu membantu para penjual mobil untuk mengelola stok dan kinerja para tenaga pemasaran (sales force ) yang mereka miliki.

”Aplikasi SI JARI sangat membantu bisnis penjualan mobil bekas selama ini. Itu terbukti dari banyak orang membeli mobil-mobil kami yang datang melalui Mobil123,” katanya. Dalam merancang aplikasi, mobil123.com memiliki pemahaman mendalam akan pentingnya proses pemilihan dan pembelian mobil.

Karena pembelian mobil adalah pengeluaran biaya terbesar kedua yang biasanya dilakukan seseorang setelah pembelian properti. ”Untuk itu, kami selalu berupaya menjadikan Mobil123 sebagai situs terpercaya,” tutur PC Gan.

Arief ardliyanto
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7548 seconds (0.1#10.140)