Car Free Day Harus Ditata Ulang

Selasa, 15 September 2015 - 11:29 WIB
Car Free Day Harus Ditata Ulang
Car Free Day Harus Ditata Ulang
A A A
MOJOKERTO - Program car free day yang digagas Pemkot Mojokerto di sepanjang Jalan Benteng Pancasila seperti perlu dikaji ulang. Program bebas asap kendaraan bermotor setiap Minggu itu dianggap mulai berubah fungsi menjadi pasar tumpah.

Kegiatan CFD di Jalan Benteng Pancasila sudah berjalan lima tahun. CFD diberlakukan pukul 05.00-09.00 WIB. Sejak diluncurkan pertama kali, CFD memang mendapat sambutan positif dari masyarakat. Ribuan masyarakat selalu memadati jalanan yang panjangnya tidak lebih dari 1 km itu. Sayangnya, CFD kini telah berubah menjadi pasar tumpah. Pasalnya, pedagang yang masuk arena ini mulai tidak terkontrol dan berjumlah ratusan.

Selain jumlah pedagang yang terus bertambah sehingga jalanan tidak lagi nyaman untuk pejalan kaki, para pedagang kaki lima (PKL) juga mulai nakal dengan melanggar jam operasional CFD. Bahkan, tidak jarang mereka berjualan hingga pukul 11.00. Penyelenggara CFD dari Pemkot Mojokerto maupun warga Kelurahan Balongsari pun mulai kewalahan dengan semrawutnya CFD.

”Semangat CFD mulai hilang,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Mojokerto Aris Satriyo Budi kemarin. KegiatanCFD, kataAris, sejatinya diperuntukkan bagi pejalan kaki sembari menikmati jalanan bebas asap di Jalan Benteng Pancasila. Menurutnya, suasana di CFD semakin tidak nyaman dengan jumlah pedagang yang membeludak. Dia meminta Pemkot Mojokerto kembali menertibkan jalur CFD.

Kasatpol PP Kota Mojokerto Mashudi mengatakan, beberapa kali pihaknya melakukan penertiban terhadap PKL di arena CFD. Sebab, banyak pedagang yang melanggar jam operasional CFD. ”Pedagang hanya diperbolehkan berjualan mulai pukul 05.00-09.00. Tetapi, banyak yang berdagang sampai pukul 11.00,” kata Mashudi. Minggu (13/9) lalu, pihaknya juga melakukan penertiban PKL di CFD. Dia juga tidak segan-segan melakukan penyitaan barang- barang PKL yang bandel.

Tritus julan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3029 seconds (0.1#10.140)