Kedua Paslon Diminta Jaga Medan Tetap Kondusif

Minggu, 13 September 2015 - 12:45 WIB
Kedua Paslon Diminta...
Kedua Paslon Diminta Jaga Medan Tetap Kondusif
A A A
MEDAN - Kampanye damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan 2015 dideklarasikan dua pasangan calon (paslon) wali kota medan-wakil wali kota Medan, Sabtu (12/9).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengimbau kedua paslon tersebut menjaga Medan tetap kondusif. Deklarasi kampanye damai hajatan KPU Kota Medan ini diikuti pasangan nomor urut 1, Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution; dan pasangan nomor urut 2, Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma.

Turut hadir Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Medan, Komisaris Besar (Kombes) Pol Mardiaz KD, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan lainnya. Ketua KPU Kota Medan, Yenni Chairiah Rambe, dalam sambutannya mengatakan, deklarasi kampanye damai ini merupakan rangkaian dari Pilkada Kota Medan 2015.

Dima-na pada 27 Agustus hingga 5 Desember 2015 merupakan jadwal kampanye. “Kami minta paslon mengikuti aturan dan menjaga Medan tetap kondusif,” kata Yenni di Jalan Pulau Pinang, Lapangan Merdeka Medan. Dia meminta tim kampanye dan relawan pendukung paslon memastikan alat peraga kampanye (APK) yang disebar di masyarakat harus sopan, tertib, dan mengikuti semangat tetap menjaga estetika Kota Medan. Paslon juga diminta tidak memasang APK di luar ketentuan.

Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, yang juga diminta memberikan sambutan, menyatakan hal senada. Menurut Mulia, KPU sebagai penyelenggara pilkada harus memastikan semua pihak menaati seluruh aturan yang mengikat pelaksanaan pilkada. “Saya juga perlu sampaikan, KPU hanya fasilitator terselenggaranya pilkada, bukan penentu siapa yang menang. Jadi, kita harap semua ikut aturan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dua paslon juga membacakan ikrar deklarasi kampanye damai yang dipimpin Komisioner KPU Medan, Irwansyah. Salah satunya berbunyi, kami pasangan calon wali kota siap untuk menang dan kalah dengan menjaga pelaksanaan pilkada yang damai. Pada bagian lain ikrar tersebut, dua paslon juga menyatakan siap menang dan siap kalah.

Selain membacakan ikrar menjunjung pilkada damai, kedua pasangan calon dan seluruh pihak terlibat menandatangani pernyataan tersebut. Usai prosesi deklarasi pilkada damai, kedua paslon diarak keliling Kota Medan menggunakan kendaraan hias untuk diperkenalkan kepada masyarakat. Pantauan wartawan, konvoi dua paslon wali kota ini cukup meriah.

Iring-iringan konvoi Bang Eldin-Akhyar(BENAR) mendapat sambutandari ma-syarakat. Pasangan nomor 1 ini membawa pelaku seni budaya di Kota Medan dalam konvoinya. Kemudian, tampakjugapenggemarPSMSmemeriahkan konvoi BENAR dengan iringandrumbandalapendukung sepak bola. Selain itu, terlihat ratusan abang becak, komunitas vespa, sepeda, dan komunitas kreatif lain.

Sementara pasangan Ramadhan-Eddie, membawa barongsai dan pengibar bendera. Irfan mewakili teman-temannya dari komunitas seni yang ikut dalam konvoi pilkada damai itu mengatakan, ada harapan besar dalam visi Medan Rumah Kita yang diusung BENAR. Harapan ini terlihat dari adanya ruang berkreasi yang dibuka secara luas dalam agenda besar Medan Rumah Kita tersebut.

“Bang Eldin dan Bang Akhyar bukan orang baru di kalangan komunitas seperti kami. Karena itulah secara sadar kami mengajukan diri bergabung dalam gerakan Medan Rumah Kita,” ujarnya.

Fakhrur rozi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1497 seconds (0.1#10.140)